Pengembangan Profil Bumdesa Dengan Penerapan Tourism Village Digitalization Profile

Authors

  • Venantya Asmandani Universitas Jember
  • Yeni Puspita Universitas Jember
  • Galih Wicaksono Wicaksono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i2.1069

Keywords:

Penerapan, Profil, Digitalisasi

Abstract

Pengembangan BUMDesa saat ini membutuhkan cara yang lebih efektif dan efisien akan informasi potensi yang dimiliki oleh desa salah satunya dalam bentuk promosi berbasis online (digital). Selama ini keberadaan BUMDesa dipublikasikan melalui website yang tergabung dengan website Pemerintah Desa Sidomulyo dan belum memiliki platform-platform media sosial BUMDesa Sidomulyo. Kegiatan pengabdian ini menggunakan 3 tahapan. Tahap yang pertama adalah Pra-Pelaksanaan yaitu tim pengabdian mengumpulkan data serta menganalisa permasalahan BUMDesa untuk selanjutnya digunakan mendesain website milik mereka, tahap kedua adalah Pelaksanaan yaitu kegiatan pembuatan website serta platform-platform berbagai media sosial. tahapan terakhir  adalah pasca-pelaksanaan yaitu tim pengabdian memberikan pelatihan berupa mekanisme pengelolaan website dan platform-platform media sosial. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pembuatan desain profil desa wisata berbasis digital melalui penerapan tourism village digitalization profile dengan terbentuknya website BUMDesa Bahagia Sidomulyo dan pembuatan platform-platform media sosial seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Sehingga dapat mempromosikan wisata pedesaan yang berada di bawah naungan BUMDesa Bahagia Sidomulyo dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa dan perekonomian desa.

References

Deguchi, A., Chiaki, H., Hideyuki, M., Taku, N., Koehi, O., Mitsuharu, T., dan Shigeyuki, T. (2018). What is Society 5.0. Singapore: Springer.

Fitrah Nurul,Ahmad M., Muhammad S.A, Reski R., Jisam, Nurul A.N, Nurul Q, A.Feby F,. Irmawati, Muh. Awalil R&Ilham. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMETAAN SWADAYA DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Volume 5, Nomor 1

Mega I, Abdul W M, Destyana P. (2022). Strategi Sitem Pemasaran Dalam Menghadapi Society 5.0 (Studi Kasus: Bumdes Sumber Sejahtera, Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) ISSN: 2614-4670 (p), ISSN: 2598-8174 (e) Volume 6, Nomor 4 (2022): 1655-1670

Ristantiya, S., Ardani, Y., & Hartanto, T. (2021). PKM Menjadikan BUMDesa Lempong Mandiri Sebagai Lembaga Usaha Desa yang Berkualitas. Jurnal Adimas, 1(2).

Sakir,Aswad I.,&Reni B.S,. (2023). Optimalisasi Pemasaran Produk BUMDes melalui Pendampingan Pembuatan Platform Digital belanjadesa.id. Indonesian Journal of Community Research and Engagement Volume 4 Number 1.

Wardana, Hafizh F, Suhartanto. (2022). Scale Up Business dan Digitalisasi Tata Kelola BUMDes Retno Sembodo dalaM Membentuk Kemandirian Ekonomi Masyarakat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan kepada Masyarakat Vol. 3, No. 2.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Published

2024-12-30