Pelatihan Pengembangan Seni Ecoprint Dalam Kegiatan Arisan Di Perumahan Manyar Indah

Authors

  • Dina Novita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fitri Nuraini Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i2.1080

Keywords:

Arisan, Ecoprint, Peluang Pasar

Abstract

Pada umumnya kegiatan arisan yang dilakukan oleh komunitas perempuan dilingkungan masyarakat memiliki tujuan yang positif, salah satunya menjalin silaturahmi dan meningkatkan ketrampilan ibu-ibu yang nantinya dapat memberikan manfaat dalam pengembangan ekonomi. Salah satu ketrampilan yang menjadi daya tarik, yaitu membatik dengan menggunakan teknik ecoprint. Ecoprint merupakan teknik yang dilakukan pada kain dengan menggunakan media daun sebagai pewarna alami dengan cara ditempel sampai timbul motif pada kain tersebut, sehingga bahan tersebut ramah lingkungan. Kerajinan tersebut memberikan peluang pasar yang besar, apabila dilakukan secara maksimal. Kegiatan ketrampilan seni ecoprint ini merupakan kegiatan yang dilakukan dengan peserta merupakan warga dari  perumahan Manyar Indah Sukolilo Surabaya. Dari kegiatan yang sederhana tersebut, pada akhirnya menjadi berkembang dengan berbagai permasalahan. Permasalahan yang terjadi, antara lain : penjualan produk, identitas produk yang belum dikenal masyarakat pada umumnya, serta cara pelaporan keuangan yang benar. Adapun beberapa cara yang dilakukan demi berkembangnya produk hasil karya ibu-ibu arisan, metode tahapan yang dilakukan : 1) pelatihan seni ecoprint dilakukan minimal 1 setiap bulannya, 2) membuat desain nama produk, 3) memberikan pelatihan keuangan terkait penjualan produk, dan 4) memberikan pelatihan metode penjualan. Dan hasil evaluasi atas kegiatan ketrampilan dan pelatihan yang didukung oleh berbagai kalangan termasuk dukungan dari akademisi, akhirnya produk tersebut memiliki identitasnya  dengan nama M-Six. Penjualan juga menjadi semakin meningkat yang semula hanya dapat menjual 5 produk/bulan kini dapat menjual 20 produk/bulan, dengan adanya pelatihan yang diberikan dan diikuti oleh anggota secara rutin. yakni peserta yang mengikuti 40% dari total anggota 80 peserta dan setiap pelatihan tiap anggota dapat menghasilkan 2 karya seni ecoprint, telah menghasilkan brand produk M-Six sebagai brand hasil karya, secara rutin mengadakan pameran dilingkungan perumahan Manyar Indah VI, melalui instagram dan dari hasil penjualan melalui pameran dan instagram telah menghasilkan ±20 hasil produk setiap bulannya dengan model yang beragam.

References

Dunan, H., Antoni, M. R., Redaputri, A. P., & Jayasinga, H. I. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “Waleu” Kaos Lampung di Bandar Lampung. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 17(2), 167–185. https://doi.org/10.26487/jbmi.v17i2.10626

Ibnu. (2021). Arisan Adalah: Ini Pengertian dan Keuntungan Finansial Di Dalamnya. https://Accurate.Id/Ekonomi-Keuangan/Arisan-Adalah/.

Irfan Maulana. (2021). Ecoprint: Pengertian, Teknik, Keunggulan dan Bahannya. https://Wanaswara.Com/Mengenal-Ecoprint/

Maulyan, F. F. (2019). Peran Pelatihan Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Karir: Theoretical Review. Jurnal Sain Manajemen, 1(1), 40–50. http://ejurnal.univbsi.id/index.php/jsm/index.

Novita, D. (2022a). Individual Innovation Capability dalam Menciptakan kinerja optimal. 5(2), 2052–2062.

Novita, D. (2022b). Peran Merek dan Packing dalam Penjualan Keripik Pisang Kekinian di Surabaya. Jurnal ADIPATI: Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 01(01).

Permanawati, R. R., & Yulianeu, A. (2018). Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter Dan Oreste. Jumantaka, 1(1), 31–40.

Published

2023-12-31