Pelatihan Komunikasi Bagi Guru Dan Orang Tua Dalam Memberikan Waktu Berkualitas Untuk Anak Didik

Authors

  • Dedi Rianto Rahadi Universitas Presiden
  • Liswandi Liswandi Universitas Presiden
  • Grace Amin Universitas Presiden
  • Erni Hutabarat Universitas Presiden

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i2.1088

Keywords:

Peran Guru dan Orang Tua, Waktu berkualitas, Permasalahan Anak didik

Abstract

Waktu untuk berkomunikasi sangat penting untuk mengetahui setiap permasalahan anak didik. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat untuk melakukan pendampingan bagi guru dan orang tua dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didik  baik di sekolah maupun dirumah. Metode pelaksanaan, mengidentifikasi permasalahan  baik dirumah maupun disekolah,  pemetaan setiap permasalahan, Terakhir  melakukan sharing dan diskusi dengan semua pihak dalam membantu pemecahan masalah.  Hasil memperlihatkan permasalahan yang dihadapi meliputi masalah akademik dan perilaku anak didik. Masalah di rumah meliputi perilaku dan komunikasi dengan orang tua. Penyelesaian masalah yang dihadapi anak didik melalui komunikasi dan memahami kondisi anak secara intensif dan berkelanjutan. Kemampuan akademik yang berbeda-beda setiap anak didik, membuat guru perlu berinovasi dan kretifitas dalam menyampaikan materi sehingga dapat diterima. Orang tua juga mememiliki peran yang sangat penting untuk mengetahui perkembangan anaknya melalui komunikasi dan mengajak berinteraksi di waktu yang tepat.

References

Amrah. (2013). Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, III(1), 20–25

Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 4(2), 564–576

De Vega, N., & Arifin, A. (2022). Teachers’ Experiences of Implementing D-Learning. Proceedings of the 4th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2021, 27 November 2021, Singaraja, Bali, Indonesia.

Dewi, M. (2020). Analisis kerjasama orang tua dan guru dalam pembelajaran online di era COVID-19 di MI Azizan Palembang. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 54-64. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.661

Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah

Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51.

https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Lesaux, N.K., Jones, S. M., Bock, K. P., & Harris, J. R. (2015). The regulated learning environment: Supporting adults to support children. Young Children, 1, 20-27 (GB): Oxford University Press.

Mera Putri Dewi dan Neviyarni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. VII N, 1–11.

Mora, T. & Escardíbul, J. O. (2018). Home environment and parental

involvement in homework during adolescence in Catalonia

(Spain). Youth & Society, 50(2), 183-203.

Reactor School (2020, June 24). Home based learning: An educator'sperspective.

https://www.reactor.school/post/hbl-educator-perspective.

Reddy, L. (2018). Unit-9 distance learners and self-directed learning. Indira Ghandi National Open University (IGNOU).

Rosdiana, L. A., Sunendar, D., & Damaianti, V. S. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak

Selama Pembelajar Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(2), 161. https://doi.org/10.35194/alinea.v10i2.1420

Sabiq, A. . (2020). Persepsi orag tua siswa ttg kegiatan belajar dirumah sebagai dampak penyebaran covid- 19. Civic culture, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.35719/jier.v1i3.41

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sudarsana, I. K., Armaeni, K. W. A., Sudrajat, D., Abdullah, D., Satria, E., Saddhono, K., Samsiarni, Setyawasih, R., Meldra, D., & Ekalestari, S. (2019). The Implementation of The E-Learning Concept In Education. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1), 12063. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1363/1/012063

Suhartono, Suparlan. (2013). Menegakkan Pohon Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Suizzo, M. A., Pahlke, E., Yarnell, L., Chen, K. Y., & Romero, S. (2014). Homebased parental involvement in young children’s learning across US ethnic groups: Cultural models of academic socialization. Journal of Family Issues, 35(2), 254-287.

Syukur, taufik abdillah. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. https://doi.org/10.31219/osf.io/cnga2

Zamroni, M. R., Rozi, F., Muali, C., Imron Hamzah, K., Majid, T., & Abdullah, D. (2021). E-Leadership in Education in Improving Teacher Competence in Industrial Revolution 4. 0. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry (TOJQI), 12, 1650–1654.

Published

2023-12-31