Meningkatkan Literasi Anak Pra-Sekolah Melalui Pengembangan Taman Bacaan Berbasis Aktivtas di Taman Pelangi Desa Bayuning

Authors

  • Rani Tania Pratiwi Universitas Kuningan
  • Atin Nuryatin Universitas Kuningan
  • Sri Mulyati Universitas Kuningan
  • Caecilia Dina Rosaline Universitas Kuningan
  • Rismawati Rismawati Universitas Kuningan
  • Yeyen Suryani Universitas Kuningan
  • Deden Agustira Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i1.1762

Keywords:

gerakan literasi, Literacy Village Reading Park, Teras Baca, Children's Reading Interest

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebiasaan untuk membaca menjadi sebuah kebutuhan. Metode kegiatan ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan melakukan pendampingan. Berdasarkan hasil kegiatan anak-anak sangat senang dan tertarik dengan berbagai aktivitas yang dilakukan. Di dalam kegiatan bermain, anak membangun kemampuan literasinya berdasarkan pengalaman yang ia temui saat bermain, dan bahkan mereka mampu menceritakan kembali bagaimana pengalamannya saat bermain. Inilah esensi atau hal mendasar dari pra literasi itu sendiri. Hanya saja partisipasi untuk anak-anak usia sekolah terutama SMP  dan SMA belum ada. Hal ini dapat menjadi saran kegiatan selanjutnya di Taman Pelangi sehingga tidak hanya mencakup aktivitas anak-anak usia dini atau level SD saja tetapi dapat mencakup aktivitas literasi pada anak-anak usia SMP dan SMA.

References

Haklev, S. (2010). Community Libraries in Indonesia : A Survey of Government- Supported and Independent Reading Gardens Higher Education and Comparative , International and Development Education Ontario Institute for Studies in Education University of Toronto. Library Philosophy and Practice, 2010, 1–17.

Hapsari, Widyaning., Ruhaena, Lisnawati., & Pratisti, Wiwien Dinar. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi 44(3):177. DOI: 10.22146/jpsi.16929

Ibrahim, G. A. (2017). PISA dan Daya Baca Bangsa. Kompas.Com, p. 7.

Justice, L. M., Jiang, H., & Strasser, K. (2018). Linguistic environment of preschool classrooms: What dimensions support children’s language growth? Early Childhood Research Quarterly, 42(November 2016), 79–92. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.09.003

Mullis, I., Martin, M., Kennedy, A., & Foy, P. (2007) Progress in international reading literacy study. Pirls 2006 report. In: Lynch School of Education, Boston College, Chestnut Hill, MA: TIMMS & PIRLS International Study Centre. International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

Nuswantara, Kartika. (2019). Photo-Voice : Optimalisasi Peran Taman Baca Masyarakat (Tbm) Sebagai Sarana Penguatan Literasi Danpengembangan Laboratorium Pembelajaran Sepanjang Hayat. Prosiding SEMATEKSOS 3.

Senechal, M., & LeFreve, J. (2002). Parental Involvement in the Development of Children’s Reading Skills : A Five Year Longitudinal Study, Child Development. 73, 445-460.

Published

2024-06-30