Transformasi Digital

Strategi Digipreneurship untuk UMKM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i2.2236

Keywords:

Digipreneurship, Digital Marketing, Cabai, Ekonomi Kreatif

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi mendorong munculnya digipreneurship sebagai pendekatan kewirausahaan inovatif yang berfokus pada pemanfaatan teknologi digital. Dalam konteks Revolusi Industri 5.0, integrasi manusia, teknologi, dan mesin semakin penting untuk meningkatkan daya saing bisnis. Digipreneurship memerlukan kreativitas dalam mengidentifikasi pasar niche, mengembangkan ide bisnis, serta menerapkan strategi pemasaran digital melalui platform yang relevan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM Bubuk Cabai "BukBe" di Kabupaten Bondowoso melalui pelatihan dan pendampingan berbasis digipreneurship. Tantangan utama yang dihadapi mitra mencakup keterbatasan dalam pemasaran digital, desain kemasan yang kurang menarik, dan minimnya pemanfaatan teknologi dalam strategi pemasaran. Program ini dilaksanakan selama empat bulan menggunakan metode Survei dan Analisis Kebutuhan, pelatihan digital marketing, pendampingan pembuatan konten pemasaran, serta implementasi strategi pemasaran digital melalui Instagram dan marketplace. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan kemampuan mitra dalam menyusun rencana pemasaran digital, memperbarui desain produk, dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar.Sebagai hasilnya, program ini berhasil meningkatkan kemampuan mitra dalam bersaing di dunia bisnis sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis potensi lokal di Bondowoso. Program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi atau acuan bagi pengembangan UMKM lainnya dalam mempercepat proses transformasi digital guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan

References

Afif, F., Nabila, D. N. N., & Rohmah, R. M. (2023). Digipreneurship as an Effort to Strengthen The Digitalization of The Islamic Economy in Indonesia. Maliki Islamic Economics Journal, 3(2), 72–87. https://doi.org/10.18860/miec.v3i2.24039

Arifin, B., Muzakki, A., & Kurniawan, M. W. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(2), 87–94. https://doi.org/10.24967/ekombis.v4i2.474

Athaya Illahi, A. G., Anggia Ayu Tambunan, R. C., Rahmadanti, N. N., Tharisa, S. P., Siskawati, S., Wardani, R., Mar’ie Haqiqi, S., Haratua Sinaga, S. F., Kusuma Agung, A., Widianto, D., & Puspa Arum, D. (2022). Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Pangsa Pasar Pada Umkm Kedungdoro Kota Surabaya. Jurnal Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 55–66. https://doi.org/10.59066/jppm.v1i2.68

Bizhanova, K., Mamyrbekov, A., Umarov, I., Orazymbetova, A., & Khairullaeva, A. (2019). Impact of digital marketing development on entrepreneurship. E3S Web of Conferences, 135, 04023. https://doi.org/10.1051/e3sconf/201913504023

BPS. (2019, August). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,28 Persen. BPS.Go.Id.

Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(10), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05

Hamdan, H. (2019). Model Pengembangan Kreativitas dan Inovasi dalam Membentuk Entrepreneur di Era Ekonomi Digital. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1). https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2548

Moorthy, T., & Sahid, S. (2022). The Influence of Digital Marketing Literacy on Entrepreneurship Behavior among Public University Students in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12(1). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i1/11837

Musnaini, Wijoyo, H., Indrawan, I., & Syahtriatna. (2020). Digipreneurship (Kewirausahaan Digital). https://www.researchgate.net/publication/343007851

Nawarini, A. T., & Shaferi, I. (2022). International Sustainable Competitiveness Advantage 2021 Digipreneurship Concept for Enhancing SMEs Performance on Post Pandemic Covid-19. www.ekon.go.id,

Wijayantini, B., Supeni, Retno. E., & Asih, S. W. (2022). Family Financial Planning Dengan Inovasi Finansialku Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Keluarga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(2), 43–54. http://www.aisyiyah.or.id.

Puspa Pradianta. (2023, May 1). Keuntungan Internet Melalui Digital Marketing dalam Rangka Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19 . Kompasiana.Com.

Santoso, F. R., Wijayantini, B., & Sobri, T. (2023). Unlocking The Potential: How Financial Inclusion And Finan-cial Behavior Drive Growth In Culinary MSMEs (Vol. 2, Issue 3). http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh

Supeni, R. E., & Wijayantini, B. (2023). Mushroom Cultivation Business Development Strategy with BMC Model During Pandemic Covid 19. BASKARA : Journal of Business and Entrepreneurship, 5(2), 165. https://doi.org/10.54268/baskara.v5i2.12409

Wijayantini, B. (2019). Productive Economy Through Marketing Innovation Development. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 110–115. https://doi.org/10.24036/4.1229

Wijayantini, B., Sari, M. I., & Arif, A. (2019). Performance Evaluation Of Community Microfinance Institutions In Jember District. Review of Management and Entrepreneurship, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.37715/rme.v2i1.953

Published

2024-12-30