Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Aplikasi Google Form Sebagai Instrumen Evaluasi Hasil Belajar Matematika Dan IPA

Authors

  • Napis Napis Universitas Indraprasta PGRI
  • Arif Rahman Hakim Universitas Indraprasta PGRI
  • M. Tohimin Apriyanto Universitas Indraprasta PGRI
  • Muhamad Farhan Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.542

Keywords:

kreativitas guru, evaluasi hasil belajar, google form

Abstract

Pemanfaatan google forms dalam pembelajaran online sebagai instrumen evaluasi hasil belajar Matematika dan IPA menuntut kreativitas seorang guru. Dalam menjawab tantangan tersebut, maka diperlukan suatu pelatihan dan pendampingan dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan diberikan kepada guru Yayasan Sahabat Sunnah Jakarta Timur, sebagai solusi yang ditawarkan atas permasalahan dan kebutuhan akan pemanfaatan google form sebagai instrumen evaluasi hasil belajar. Dalam menyusun instrumen evaluasi hasil belajar diperlukan suatu kreativitas agar dapat menghasilkan instrumen yang sesuai dengan kaidah dan kebutuhan peserta didik. Kegiatan yang dilaksanakan dengan melalui beberapa langkah, yaitu: (1) Observasi, (2) Diskusi, (3) Pelatihan, dan (4) Pendampingan secara keseluruhan mendapat respons positif dari peserta pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari antusias peserta selama pemberian materi dan sesi tanyajawab sekaligus diskusi hangat perihal memanfaatkan aplikasi google form untuk perencanaan dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Sebelum ada pelatihan, para peserta belum bisa menyusun instrumen dengan memanfaatkan google forms dalam pembelajaran online dan setelah ada pelatihan, para peserta menjadi kreatif perihal menyusun instrumen memanfaatkan google forms dalam pembelajaran online. Rangkaian kegiatan pelatihan ini berdampak positif yaitu dapat menumbuhkan kreativitas guru hingga menghasilkan instrumen evaluasi hasil belajar yang jauh lebih baik dalam format google form untuk mendukung pembelajaran online yang memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.

References

Abdin, Safiuddin, A., & Kasman. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Form berbasis Online sebagai Alat Tes Tertulis Belajar Fisika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 6(1), 1-10.

Abdurrahman, M., Siswayani, P., & Nurwanti, D. I. (2020). Merancang Tes Daring Berbasis Google Form Untuk Meningkatkan Keefektifan Evaluasi Pembelajaran. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/30827/

Basuki, K. H., Hakim, A. R., Farhan, M., & Apriyanto, M. T. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Berkualitas Pada Guru Matematika di SMPIT Arrahman Jakarta Selatan. JPB: Jurnal Pengabdian Balerang, 03(01), 36-40. http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jpkm/article/view/2717/1670

Farhan, M., Apriyanto, M. T., Napis., & Hakim, A. R. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Analisis Instrumental Tes Bantuan Software Anbuso. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 361-367. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2861/1981

Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. N. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 57-68.

Iqbal, M., Rosramadhana, & Amal, B. K. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosia, 10(1), 120-127.

Kasmawati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Pelaksanaan Supervisi Akademik di Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Binaan di Kabupaten Takalar. Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(2), 142-147. http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatokkong/article/view/28/15

Muhtarulloh, F., & Nasir, F. (2017). Program Aplikasi Geogebra Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru Matematika SMA/SMK/MA Di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 3(2), 102-109.

Mulatsih, B. (2020). Aplication of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical During The Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1-16. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/538/522

Nofitasari, & Ahsani, E. L. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107-118.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165-176. https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/121/121

Semiawan, C. R., Putrawan, I. M., & Setiawan, T. I. (2010). Dimensi Kreatif Dalam Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susetyo, A. M. (2018). Penerapan Konsep The Anderson Dalam Memilih Media Pembelajaran Untuk Guru SMA Muhammadiyah 4 Songgon Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, 4(2), 131-139.

Widyaningrum, H. K. (2016). Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 268-277. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PIS-FoE/article/view/98/98

Wulandari, P., Maswani, & Khotimah, H. (2019). Google Form Sebagai Alternatif Evaluasi Pembelajaran Di SMAN 2 Kota Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. 2, pp. 421-425. Kota Tangerang: UNTIRTA.

Published

2023-06-26