Penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android Sebagai Media Pengenalan Binatang Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Syifaul Fuada Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nur Azizah SMA Lazuardi GCS Depok, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.550

Keywords:

Augmented Reality, Google Chrome, Animals, Early childhood

Abstract

Menyediakan media pembelajaran untuk anak di rumah merupakan hal yang sangat penting. Hal tersebut karena intensitas pertemuan orang tua dengan anak jauh lebih lama dibandingkan ketika anak berada di Sekolah. Namun, penyediaan media pembelajaran di rumah masih sangat minim. Salah satu faktornya karena ketidaktahuan orang tua dalam menyediakan media pembelajaran bagi anak yang menarik dan memotivasi anak untuk bisa mengeksplorasi pengetahuan lebih luas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada orang tua mengenai penggunaan Augmented Reality di Google Chrome Android sebagai media pengenalan binatang pada Anak Usia Dini (AUD). Metode yang dilakukan dalam sosialisasi ini secara online melalui grup WhatsApp. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2021 dengan 5 orang tua sebagai partisipan dalam kegiatan sosialisasi ini. Pelaksanaan sosialisasi terdiri dari pembuatan grup, pengiriman video, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksnaaan banyak aspek yang dikembangkan untuk AUD seperti aspek moral dan agama, kognitif, dan bahasa. Selain itu, orang tua juga terlihat antuasias ketika memberikan media pembelajaran berbasis Augmented Reality melalui Google Crome pada anaknya. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini menunjukkan bahwa orang tua dapat menggunakan Augmented Reality di Google Chrome Android sebagai media pembelajaran dalam pengenalan macam-macam binatang.

References

Anggara, Azizah, & Kustiawan. (2020). Utilization of Augmented Reality Technology as a Learning Media for Early Childhood. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 1-5. doi:10.1088/1757-899X/850/1/012001.

Anggraini, A. W., & Dwiyanti, S. (2017). Penerapan Video Tutorial Make Up Pada Pelatihan Make Up Foto Casual di CV. Indo Creative Entertainment. Jurnal Tata Rias, 6(1), 99–107.

Anggraeni, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan (Penelitian Tindakan Kelompok B PAUD Mentari, Kab. Bengkulu Selatan, Tahun 2014/2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9 (2), 343-360.

Arrum & Fuada. (2021). Penguatan Pembelajaran Daring di SDN Jakasampurna V Kota Bekasi, Jawa Barat Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR). Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 4(1), 502-510.

Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 26–42.

Atmajaya, D. (2017). Implementasi Augmented Reality untuk Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilkom, 9(2), 227-232.

Aprilia & Rosnelly. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Ftik, 1 (1), 968-980.

Azhar, dkk. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat Baca pada Anak. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3 (4), 149-154.

Azizah, N., Putri, S. U., & Adjie, N. (2020). STEAM Berbantuan Augmented Reality untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun. Research in Early Childhood Education and Parenting, 1(1), 32– 42.

Fuada, Sari, dkk. (2022). Penguatan Pembelajaran Online untuk Siswa TK Melalui Aplikasi Android “Quiver-3D Coloring Augmented Reality”. DEDIKASI: Community Service Report, 4(1), 49-65.

Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis (1st ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hendriyana, H., Fuada, S., & Pradeka, D. (2022). Kenal Hardware: Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 247-255.

Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 129–139.

Heutger, M. & Kückelhaus, M. (2014). Augmented Reality In Logistics Changing The Way We See Logistics-A DHL Perspective. Germany: DHL Customer Solutions & Innovation.

Ikhsan & Djuniadi. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Studi Kasus: Kegiatan Pengabdian Maysarakat di PAUD Pelangi Nusantara Semarang. ITEJ (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 1-4.

Kusuma, Tanzil, & Cenderawan. (2019). Analisa dan Perancangan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Dalam Memberikan Petunjuk Navigasi Ruangan Pada Universitas Pelita Harapan Kampus Medan. Information System Development, 4(1), 64-71.

Lilawati, Agustien. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558.

Mustaqim. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 13(2), 174-183.

Nuraeni, S. (2021). Analisis Kelekatan Antara Ibu yang Bekerja Dengan Anak Usia Dini (Penelitian Studi Deskriptif Kualitatif pada Ibu yang Bekerja di Salah Satu Taman Kanak-kanak di Purwakarta) [Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia].

Nurlaeni, Y Juniarti. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51-62.

Pramono, A., & Setiawan, M. D. (2019). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(1), 54-68.

Santosa, T. Elizabeth. (2015). Children In Digital Era-Pola Asuh Efektif untuk Anak di Era Digital. Jakarta: PT Gramedia.

Saputri, D. (2017). Penggunaan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Hasil Belajar. Jusiti, 6 (1), 1357-1366.

Sepriani, D. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X SMK Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan [Skripsi, Universitas Negeri Malang].

Silfanny & Dewi. (2020). Analisis Tiga Aplikasi Augmented Reality untuk Mengenalkan Alfabet Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Research in Early Childhood Education and Parenting, 1(1), 17–31.

Swalaganata, dkk. (2020). Buwung AR: Media Pembelajaran Buku Dongeng Burung Pipit Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi, 2543-2554.

Roshonah, Putri, & Yulianingsih. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, ISSN: 27456080, 1-7.

Sinduningrum, dkk. (2019). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality untuk Media Pengenalan Huruf Alfabet pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA, 8(1), 142-149.

Tafonao. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2 (2), 103-114.

Trianingsih. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar Rima. Al-Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197–211.

Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. PANCAR, 3(1), 232–245.

Wahyuningsih, dkk. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 295-301.

Widodo & Azizah. (2019). Teaching Mild Mentally Retarded Children Using Augmented Reality. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(7), 184-199.

Widodo, Suprih. (2018). Analisis Permainan Digital Untuk Anak Usia Dini. Proceeding International conference on education and regional development (ICERD 4), 73-85.

Wulandaru, N. A. (2015). Analisis Pemahaman Konseptual Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Siswa Kelas X IPA SMAN 9 Malang [Skripsi, Universitas Negeri Malang].

Yulianingsih, Wiwin, dkk. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (2), 1138-1150.

Zaini & Dewi. (2017). Pentingnya Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.

Zhang, Qiu, Li, Zhang, Li, X, & Li, J. (2021). Parental Stress and Home Activities for Young Children during the Stay-at-home Quarantine Time in China. Early Education and Development, 32(6), 843–862.

Published

2023-06-26