Pelatihan Penggunaan Simulator Online sebagai Alat Bantu Ajar Materi Rangkaian Listrik
DOI:
https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.552Keywords:
daring, simulator, rangkaian listrik, guru, siswaAbstract
Sejak Pemerintah Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar guna menekan laju penyebaran virus Covid-19 pada bulan Maret 2020, proses pembelajaran di sekolah harus dilaksanakan secara jarak jauh. Hal ini menimbulkan kesulitan dalam penyampaian materi ajar yang memerlukan peralatan laboratorium. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan mengatasi kesulitan tersebut dan berupa pelatihan penggunaan simulator online untuk Materi Rangkaian Listrik. Materi ini memerlukan pemahaman konsep yang abstrak, dan biasanya diajarkan menggunakan alat laboratorium. Metode pembelajaran materi ini perlu disesuaikan agar siswa tetap dapat memahami materi tersebut walaupun tidak dapat mengakses perangkat percobaan di sekolah. Simulator yang akan digunakan adalah Multisim Live, yang dapat diakses secara mudah dan gratis, serta tidak memerlukan instalasi perangkat lunak apapun untuk dapat digunakan. Kegiatan PkM ini dilaksanakan dengan mitra MTs Tarbiyatul Falah, secara daring. Dalam pelatihan, dilakukan demonstrasi penggunaan simulator yang memungkinkan guru dan siswa merancang rangkaian menggunakan berbagai komponen dan mengamati keluarannya secara real time. Dari hasil pelatihan diketahui bahwa peserta memahami materi dengan baik, terlihat dari hasil post-test dimana 58,3% hingga 100% peserta menjawab dengan benar. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, 100% peserta menyatakan materi pelatihan yang diberikan bermanfaat, dan 86,96% peserta menyatakan pelatihan metode pembelajaran daring perlu dilanjutkan.
References
Arguedas-Matarrita, C., Beatriz Concari, S., García-Zubía, J., Marchisio, S. T., Hernández-Jayo, U., Alves, G. R., Uriarte-Canivell, I., Villalobos, M. C., Gustavsson, I., & Elizondo, F. U. (2017). A teacher training workshop to promote the use of the VISIR remote laboratory for electrical circuits teaching. Proceedings of 2017 4th Experiment at International Conference: Online Experimentation, Exp.at 2017, 1–6. https://doi.org/10.1109/EXPAT.2017.7984351
Falloon, G. (2019). Using simulations to teach young students science concepts: An Experiential Learning theoretical analysis. Computers and Education, 135(October 2018), 138–159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.03.001
Glauert, E. B. (2009). How young children understand electric circuits: Prediction, explanation and exploration. International Journal of Science Education, 31(8), 1025–1047. https://doi.org/10.1080/09500690802101950
Jaakkola, T., & Veermans, K. (2020). Learning electric circuit principles in a simulation environment with a single representation versus “concreteness fading” through multiple representations. Computers and Education, 148(December 2018), 103811. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103811
Lei, C. U., Kwok-Hay So, H., Lam, E. Y., Wong, K. K. Y., Kwok, R. Y. K., & Chan, C. K. Y. (2012). Teaching introductory electrical engineering: Project-based learning experience. Proceedings of IEEE International Conference on Teaching, Assessment, and Learning for Engineering, TALE 2012, 1–5. https://doi.org/10.1109/TALE.2012.6360320
Wang, F., Kinzie, M. B., McGuire, P., & Pan, E. (2010). Applying technology to inquiry-based learning in early childhood education. Early Childhood Education Journal, 37(5), 381–389. https://doi.org/10.1007/s10643-009-0364-6