Pelatihan Pengembangan Produk Olahan Kopi Di Kelompok Tani Gunung Karang Desa Bulusari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i1.656Keywords:
Bulusari, Kemasan, Kopi Bulupayung, Kopi HerbalAbstract
Kopi Bulupayung merupakan merek dagang produk hasil Kelompok Tani Gunung Karang di Desa Bulusari. Kopi bubuk berkemasan plastik dengan label stiker dinilai kurang menarik. Tujuan pengabdian yaitu menciptakan kemasan kopi bulupayung yang memberikan daya tarik konsumen dan memberikan pelatihan pembuatan kopi herbal guna menciptakan produk kopi yang lebih variatif di Kelompok Tani Gunung Karang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian meliputi: (1) Sosialisasi kegiatan pengabdian; (2) Desain kemasan kopi yang sesuai tren; (3) Pelatihan pembuatan produk kopi herbal instan; (4) Evaluasi dan monitoring kegiatan. Hasil dari pengabdian ini masyarakat memperoleh ilmu pengetahun dan ketrampilan mengolah kopi herbal. Hal ini dikarenakan ada pendampingan selama setelah program pelatihan. Produk kopi herbal menjadi varian baru untuk kopi bulupayung. Selain itu ada inovasi baru kemasan kopi bulupayung dengan menggunakan standing pouch. Kemasan dilengkapi valve yang sesuai karakter kopi olahan kekinian. Kesimpulan dari program ini adalah menghasilkan produk kopi herbal dalam kemasan dan inovasi kemasan baru yang dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat.
References
Badan Pusat Statistik [BPS]. Kecamatan Kalipuro dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Banyuwangi. 2020.
Hakim, L. 2015. Rempah dan Herba kebun-Pekarangan Rumah Masyarakat. Diandra Creative. Yogyakarta.
Harith ZT, Ting CH, dan Zakaria NNA. 2014. Coffee packaging : Consumer Perception On Appearance, Branding And Pricing. International Food Research Journal, 21(3): 849 – 853.
Kotler, Philip Gary Armstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Rosnani, Ginting. 2009. Perancangan Produk. Graha ilmu. Yogyakarta.
Setiawan, I. M. R. T., Andityawan, I. M., Dinata, I. N. A. A. P., Adiada, A. A. K., Ririhena, J. C. P., & Susanto, P. C. (2021). Diferensiasi Pemasaran Produk Kopi Arabika UUP Catur Paramitha Melalui Packaging dan Branding dalam Menyasar Konsumen Milenial. Paradharma (Jurnal Aplikasi IPTEK). 4(1): 37 – 46.