Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Swalayan UD. Assyarif Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.32528/at.v6i1.1681Keywords:
Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan; PesantrenAbstract
Kepuasan konsumen merupakan hal penentu atau indicator dalam menjalankan sebuah usaha, baik bidang jasa atau pun produk yang dijual. salah satu indicator kepuasan konsumen yaitu kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan kemampuan service yang diberikan oleh sebuah usaha untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Salah satu bidang perekonomian yang berjalan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo (P2S3) yaitu bidang usaha milik pesantren (Swalayan UD. Assyarif). Pembahasan penelitian ini meliputi apakah faktor kualitas pelayanan memiliki keterkaitan terhadap kepuasan konsumen, variabel apa yang memiliki dampak terbesar terhadap kepuasan konsumen. Metode penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif adalah metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini, sementara jumlah populasi sebanyak 90 responden. Uji analisis yang dilakukan meliputi uji instrument, uji asumsi klasik, uji korelasi dan determinant, uji-t, serta uji-f. analisis yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa bukti langsung (X1), kehandalan (X2), dan assurance (X4¬) tidak memiliki impact terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) secara signifikan. Sementara, daya tanggap (X3) serta empati (X5) memiliki impact terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) secara signifikan. Faktor yang paling berdampak (dominan) mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu aspek daya tanggap (responsiveness).
References
Apriyani, d, A., & sunarti. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 51(2), 1–7. www.bisnissurabaya.com
Giawa, Y. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD MAWAR DESA TUINDRAO KECAMATAN AMANDRAYA 2021. 2(1), 1–16.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran. Rajawali.
Lusiana, L., Pasda, S., Mustari, M., Ahmad, M. I. S., & Hasan, M. (2020). Pengaruh Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangibles Terhadap Kepuasan Konsumen GrabBike. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 3(2), 34. https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14307
Mootalu, C. R., Machmud, R., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Moya Shop Kota Gorontalo. Jambura, 5(2), 568–575. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB
Prawira. (2010). Metodologi Penelitian Jilid I. PT. Grasindo.
Rahman, A. (2019). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Yudha Swalayan Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 257–264. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/306
Rembet, V. N., Mananeke, L., & Loindong, S. S. (2020). KEPUASAN NASABAH BANK SULUTGO CABANG BEO EFFECT OF SERVICE INFLUENCE , TRUST , AND LOCATION OF CUSTOMER SATISFACTION. Jurnal EMBA, 8(3), 332–343.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukirno, S. (2012). Pengantar Bisnis Edisi I (I). Prenada Media Group.
Tampanguma, I. K., Kalangi, J. A. F., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivivty, 3(1), 7–12.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Andi.
Yulfita, A., & Efi, A. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 5(1), 81–88.
Yuniarti, V. S. (2016). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Pustaka Setia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nanda Hidayan Sono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.