Pengaruh Sertifikasi Halal Hasil olahan Varian Jamur terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di UD Mitra Jamur

Authors

  • Siti Khayisatuzahro Nur Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dhofir Catur Bashori Univeristas Muhammadiyah Jember
  • Istikomah Istikomah Univeristas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/at.v6i2.2587

Keywords:

Pengaruh; Sertifikasi Halal; Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam perkembangan bisnis usaha dan UMKM di Indonesia saat ini berfokus terhadap peningkatan jumlah produk halal baik usaha besar maupun mikro kecil dan menengah. UD Mitra Jamur memiliki produk yang telah besertifikat halal khususnya produk varian jamur. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh sertifikasi halal yang telah dimiliki terhadap keputusan pembelian konsumen khususnya pada produk varian jamur. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal berkontribusi terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 42%. Sedangkan 58% dapat dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa konsumen memberikan kepercayaan tersendiri atas jaminan kehalalan produk atas sertifikasi halal yang telah dimiliki oleh UD. Mitra Jamur

Author Biographies

Siti Khayisatuzahro Nur, Universitas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah

Dhofir Catur Bashori, Univeristas Muhammadiyah Jember

Program Studi Ekonomi Syariah 

Istikomah Istikomah, Univeristas Muhammadiyah Jember

Prodi Ekonomi Syariah 

References

Armiani1, B Basuki2, S. N. (2021). Sertifikat Halal Menjadi Strategi Pemasaran Bagi Umkm Nonmuslim dalam Meningkatkan Penjualan. 8(1), 1–13.

Hasanah, U., & Sari, M. R. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett di Provinsi Bengkulu. Al-Intaj : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2), 228. https://doi.org/10.29300/aij.v9i2.11759

Kusuma Anggaeni, T. T., Indraswari, N., & Sujatmiko, B. (2022). Sosialisasi Pangan ASUH (AMAN, SEHAT, UTUH, DAN HALAL) dan Jajanan Sehat Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat atas Kualitas Hidup Sehat. Media Kontak Tani Ternak, 4(1), 27. https://doi.org/10.24198/mktt.v4i1.38627

Muarif, A. D., Rohman, A. M., & Kamilah, S. (2023). Literasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis MUI untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Pada UMKM di Kecamatan Trangkil. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–148. https://doi.org/10.35878/kifah.v2i2.908

Muhammad Nizar, & Antin Rakhmawati. (2022). Tantangan dan Strategi Pemasaran Produk Halal di Indonesia. Malia (Terakreditasi), 13(1), 123–140. https://doi.org/10.35891/ml.v13i1.2872

Nur, S. K. (2023). Legalitas Usaha Untuk Perlindungan Konsumen Dalam. JIMBis : Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(4), 357–367. https://ejournal.stiesia.ac.id/jimbis/article/view/6244/1095

Ulfin, I., Rahadiantino, L., Harmami, H., Ni’mah, Y. L., & Juwono, H. (2022). Sosialisasi Halal dan Pendampingan Sertifikasi Halal untuk UMKM Kelurahan Simokerto. Sewagati, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.12962/j26139960.v6i1.14

Downloads

Published

2024-10-25