Sistem Presensi Elektronik untuk Peningkatan Manajemen Tenaga Kerja BPR Bank Dhanaartha Ambulu

Authors

  • Amalina Maryam Zakiyyah Universitas Muhammadiyah Jember https://orcid.org/0000-0001-5589-0467
  • Ginanjar Abdurrahman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Reni Umilasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mike Yurike Dita Deviyati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v5i1.1383

Keywords:

sistem informasi, sistem presensi elektronik, efisiensi manajemen

Abstract

Sistem informasi adalah kombinasi terstruktur antara individu, perangkat keras, piranti lunak, jaringan komunikasi, dan basis data, yang berfungsi mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi di suatu organisasi. Sistem informasi absensi menjadi implementasi konkrit dari sistem informasi ini. Keberadaan sistem informasi membawa manfaat signifikan bagi perusahaan atau instansi, khususnya dalam hal manajemen keuangan, seperti pendataan gaji karyawan yang dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Sistem informasi absensi menjadi implementasi konkrit dari hal ini. Aplikasi ini secara sistematis mencatat data kehadiran karyawan, termasuk waktu kedatangan dan pulang, menghilangkan kebutuhan untuk presensi manual. Ini memberikan kemudahan kepada karyawan PT BPR Bank Dhanaartha Ambulu, memastikan proses presensi yang lebih efisien dan tanpa perlu melibatkan tindakan manual. Dengan adanya aplikasi sistem presensi ini, tidak hanya memudahkan karyawan dalam mencatat kehadiran, tetapi juga memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memproses data kehadiran karyawan dengan lebih efektif. Secara keseluruhan, integrasi sistem informasi dan aplikasi presensi online ini membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan akurasi dalam manajemen kehadiran karyawan.

References

Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83

Abdurrahman, G., Zakiyyah, A. M., Umilasari, R., & Sintawati, M. (2023). Pendampingan Sistem Informasi Pelayanan Administrasi (SIPA) Desa Sumber Pandan. Al-Umron : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–16. Retrieved 25 November 2023 from https://doi.org/10.32665/ALUMRON.V4I1.1463

Deka, M., & Kadafi, M. (2020). Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Pada Dinas Perhubungan Kota Palembang ( Bagian TJR). Prosiding Seminar Naional Sains Dan Teknologi Terapan, 3(1), 212–222.

Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317

Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30

Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130

Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379

Qomariah, N.; Nursaid, E.B.S. Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success 2021, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/QAS/22.184.20

Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273

Umilasari, R., Abdurrahman, G., Zakiyyah, A. M., Fadholy, R. A., & Wibisono, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Profil SMK 4 Pancasila Ambulu Berbasis Web Menggunakan PHP MYSQL untuk Sarana Promosi. ABDIMASTEK, 1(2), 94–103. Retrieved 25 November 2023 from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/ABDIMASTEK/article/view/191

Widiyanto, S., Rukiastiandari, S., Ningsih, R., & Amelia, S. (2022). Perancangan Sistem Informasi Absensi Karyawan Berbasis Web. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 14(4), 121–130.

Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628

Rusdiyanto, 2019. Upaya Penciptaan Budaya Religius dilingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Jember. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 2 No 1. 43-54 https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2070

Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14

Santoso, B. “Influence Of Moderation Of Company Strategy On Csr Disclosures And Performance Mining Company In Indonesia.” International Journal of Social Science and Business. Vol. 2 no 1, pp. 93–100, 2018. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10525

Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399

Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506

Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm's value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277

Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Setyowati, T., Az, B. T., & Tobing, D. S. K. (2021). The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance. Quality - Access to Success, 22(185), 220–234. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.29

Suharsono, R. S., Nirwanto, N., & Zuhroh, D. (2020). Voluntary Disclosure, Financial Reporting Qualityand Asymmetry Information. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 1185–1194. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.1185

Zakiyyah, A. M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan di UMKM Rindu.Id di Kabupaten Jember. Journal of Community Development, 1(2), 36–40. Retrieved 2 September 2021 from https://doi.org/10.47134/COMDEV.V1I2.9

Zakiyyah, A. M., & Rahman, M. (2021). Internet Service Provider (ISP) RT-RW NET Di Desa Kasiyan Timur Kec. Puger Kab. Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 30–36. Retrieved 2 September 2021 from https://doi.org/10.32528/JPMI.V7I1.4246

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles