Pendampingan Manajemen Usaha dan Pemasaran Produk Pada UMKM Roti Maryam Aisyah
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v5i1.1415Keywords:
manajemen usaha, pemasaran produk UMKM Roti Maryam AisyahAbstract
Bisnis roti selama ini sangat menjanjikan bagi yang menggelutinya, pasalnya roti yanglaris di pasaran adalah roti memiliki cita rasa tersendiri dan bisa disajikan dalam segala suasana. Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak yang menjual roti. Sehingga pada akhirnya perlu inovasi agar menarik para konsumennya. Roti maryam merupakan jenis roti yang identik dengan makanan orang Arab, karena awalnya hanya ditemukan pada kampung Arab atau kampung khas Timur Tengah. Dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang cantik dan menarik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis dengan memberikan kemasan dan label yang menarik juga sehingga produk yang mitra miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Dengan usaha Roti Maryam Aisyah yang sudah memiliki pelanggan tetap maka diharapkan akan memperluas pangsa pasarnya dengan membuat kemasan dan label yang menarik untuk mencari pasar dan bahkan agen yang mau menjualnya, sehingga akan meningkatkan volume penjualan serta memperluas pemasarannya. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah (1) Secara etika hukum bisnis UMKM Roti Maryam Aisyah belum memiliki legalitas produk, sehingga syarat utama sebuah usaha agar bisa berkembang masih belum terpenuhi; (2) Belum melakukan manajemen usaha yang paling sederhana, seperti: pencatatan pemasukan dan pengeluaran produksi dan penjualan; (3) Inovasi produk, agar produk Roti Maryam Aisyah mempunyai ciri khas dan berbeda dengan produk roti maryam lainnya. Hasil yang diharapkan pada tahap ini adalah legalitas produk dari mitra yang kemudian berdampak pada meningkatnya jumlah volume penjualan dan perluasan pemasaran produk.
References
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130
Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. A framework for marketing management. Sixth Edition, Global Edition. England: Pearson.
Nawafil, Aulia N. Supeni, Retno Endah & Rusdiyanto. 2022. Kepuasan Nasabah Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Jember Atas Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. Growth: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 20 No 1. 237-251 https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.1956
Nursaid, Fathiah, K. S., Martini, N. N. P., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2021). The Impact of Competence and Work Environment on Employee Motivation and Performance in The Financial and Asset Management Division. Quality - Access to Success, 22(185), 52–63. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.08
Qomariah, N.; Nursaid, E.B.S. Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success 2021, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/QAS/22.184.20
R. E. Supeni, Nurhayati, N. Puspitasari, D. Wulandari, and M.I. Sari, “Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance?,” Seybold Rep., vol. 18, pp. 322–340, 2023, doi: 10.17605/OSF.IO/QKBSZ
Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628
Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B. “Influence Of Moderation Of Company Strategy On Csr Disclosures And Performance Mining Company In Indonesia.” International Journal of Social Science and Business. Vol. 2 no 1, pp. 93–100, 2018. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10525
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399
Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506
Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm's value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277
Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601
Setyowati, T., Az, B. T., & Tobing, D. S. K. (2021). The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance. Quality - Access to Success, 22(185), 220–234. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.29
Suharsono, R. S., Nirwanto, N., & Zuhroh, D. (2020). Voluntary Disclosure, Financial Reporting Qualityand Asymmetry Information. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 1185–1194. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.1185
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pawestri Winahyu, Jekti Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.