Pendampingan Digital Finance Dan Digital Marketing Pada UMKM Anyaman Eceng Gondok Di Dusun Krajan Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v5i1.1420Keywords:
Jurnal pengabdian masyarakatAbstract
UMKM Anyaman Eceng Gondok Pakusari merupakan usaha ekonomi kreatif yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide-ide dan pengetahuan dari Sumber Daya Manusia sebagai faktor produksi utama dan didukung keberadaan industri kreatif yang berdiri sejak tanggal 26 Juli 2021 terletak di Kabupaten Jember tepatnya di Dusun Krajan, Kecamatan Pakusari. Eceng gondok (nama latin: Pontederia crassipes atau Eichornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Perkembangan UMKM ini bisa dibilang lambat, karena banyak masalah yang sering timbul, seperti menurunnya daya beli masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu langkah pendampingan digital finance yang tepat melalui peningkatan digital marketing. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pendampingan digital finance dan digital marketing agar selain dapat mempertahankan eksistensi juga dapat mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis.
References
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83
Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130
Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016. A framework for marketing management. Sixth Edition, Global Edition. England: Pearson.
Laudon. Kenneth C., dan Laudon. Jane P., "Management Information System", 10th ed, Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Nawafil, Aulia N. Supeni, Retno Endah & Rusdiyanto. 2022. Kepuasan Nasabah Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Jember Atas Kualitas Layanan Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. Growth: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 20 No 1. 237-251 https://doi.org/10.36841/growth-journal.v20i2.1956
Qomariah, N.; Nursaid, E.B.S. Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success 2021, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/QAS/22.184.20
Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273
R. E. Supeni, Nurhayati, N. Puspitasari, D. Wulandari, and M.I. Sari, “Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance?,” Seybold Rep., vol. 18, pp. 322–340, 2023, doi: 10.17605/OSF.IO/QKBSZ
Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628
Setiadi, J. 2016. Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta : Kencana Perdana.
Setiawan, Agus B., Badrut Tamami & Rusdiyanto (2023). Workshop Mindset Change Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka. Vol 3 No 2. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v3i2.22219
Setyowati, T., Az, B. T., & Tobing, D. S. K. (2021). The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance. Quality - Access to Success, 22(185), 220–234. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.29
Suharsono, R. S., Nirwanto, N., & Zuhroh, D. (2020). Voluntary Disclosure, Financial Reporting Qualityand Asymmetry Information. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 1185–1194. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO12.1185
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tatit Diansari Reskiputri, Nursaidah, Ira Puspitadewi, S, Ahmad Izzudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.