Pembekalan Manajemen Usaha Pada UMKM Binaan Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah Kabupaten Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v5i1.1557Keywords:
Manajemen Usaha, Segmentasi, Keuangan, UMKMAbstract
Nasyiatul ‘Aisyiyah memiliki peran dalam perekonomian yakni melalui program kemandirian ekonomi dengan melalui Badan Usaha dan Amal Nasyiatul ‘Aisyiyah (BUANA) seperti PAUD, UMKM. Nasyiatul ‘Aisyiyah tersebar di seluruh Indonesia salah satunya berada di Kabupaten Bondowoso. Nasyiatul 'Aisyiyah berperan aktif dalam membina 14 UMKM, yang terdiri dari sektor jasa, industri, dan dagang. Namun, hasil pengamatan menunjukkan bahwa Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi (PDNA) Kabupaten Bondowoso belum mencapai optimalitas, dengan beberapa permasalahan teridentifikasi. Permasalahan tersebut meliputi kurangnya pemahaman terkait manajemen usaha, seperti kesulitan dalam menentukan segmentasi pasar yang tepat dan ketidakberadaan laporan keuangan yang sederhana. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pengabdian kepada UMKM binaan PDNA, khususnya Pembekalan Manajemen Usaha, dengan tujuan meningkatkan literasi dan keterampilan para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Januari 2024, di Aula SMA Muhammadiyah Bondowoso, dihadiri oleh 14 pelaku usaha. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melibatkan ceramah, sesi tanya jawab, dan diskusi interaktif. Materi pengabdian mencakup aspek pemasaran, khususnya segmentasi pasar, manajemen keuangan, dan etika bisnis. Hasil dari kegiatan ini berhasil memberikan literasi dan peningkatan keterampilan bagi UMKM yang menjadi binaan Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah Kabupaten Bondowoso.
References
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83
Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130
Indarto, E. W., Suroso, I., Sudaryanto, S., & Qomariah, N. (2018). the Effect of Brand Image and Product Attributes on Customer Satisfaction and Customer Loyalty. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 457–466. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.10
Mavianti, R. H. (2019). PKM Pelatihan Kader Pimpinan Wilayah Nasyiatul ‘ Aisyiyah Sumatera Utara Menuju Terwujudnya Kader Nasyiah Berkemajuan di Era Milenial Mavianti Rizka Harfiani Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Emai l : mavianti@umsu.ac.id Abstrak K. 1(1), 39–59.
Nindiasari, A. D. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kader Nasyiatul Aisyiyah Untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Di Masa Pandemi Covid-19. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 109. https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1025
Nursaid, Fathiah, K. S., Martini, N. N. P., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2021). The Impact of Competence and Work Environment on Employee Motivation and Performance in The Financial and Asset Management Division. Quality - Access to Success, 22(185), 52–63. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.08
Qomariah, N.; Nursaid, E.B.S. Improving financial performance and profits of pharmaceutical companies during a pandemic: Study on environmental performance, intellectual capital and social responsibility. Qual.-Access Success 2021, 22, 154–165. https://doi.org/10.47750/QAS/22.184.20
Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273
R. E. Supeni, Nurhayati, N. Puspitasari, D. Wulandari, and M.I. Sari, “Does Indonesian businesswomen entrepreneurial orientation of small and medium enterprises (SMEs) matter in their financial performance?,” Seybold Rep., vol. 18, pp. 322–340, 2023, doi: 10.17605/OSF.IO/QKBSZ
Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B. “Influence Of Moderation Of Company Strategy On Csr Disclosures And Performance Mining Company In Indonesia.” International Journal of Social Science and Business. Vol. 2 no 1, pp. 93–100, 2018. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10525
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Santoso, B., & Aprillianto, B. (2019). The Needs and Readiness Analysis of Social Audit Implementation in Indonesia. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 8(1), 35. https://doi.org/10.25273/jap.v8i1.3399
Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506
Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm's value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277
Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601
Setyowati, T., Az, B. T., & Tobing, D. S. K. (2021). The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance. Quality - Access to Success, 22(185), 220–234. https://doi.org/10.47750/QAS/22.185.29
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Septy Holisa Septy, Januariya Laili, Saibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.