Meningkatkan Kreativitas dan Membangun Jiwa Wirausaha dengan Pelatihan Pembuatan Aksesories pada SD Muhammadiyah 1 Balung Kabuapten Jember

Authors

  • Ni Nyoman Putu Martini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Norita Citra Yuliarti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Davit Rahman Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v5i2.1720

Keywords:

Aksesories, kewirausahaan

Abstract

Kreativitas dan kerajinan tangan pada era globalisasi sekarang ini masih kurang diminati oleh generasi muda. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini kreativitas dan jiwa kewirausahaan diharapkan dapat tumbuh pada generasi muda utamanya siswa-siswi dan guru-guru SD Muhammadiyah 1 Balung  serta dalam jangka panjang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan akan memberikan pelatihan ketrampilan yang dapat dimanfaatkan untuk mencari tambahan pendapatan bagi masyarakat utamanya siswa-siswi dan guru-guru SD Muhammadiyah 1 Balung Kabupaten Jember .Metode pelaksanaan kegiatan melalui tahapan-tahapan diantaranya adalah: 1. Survey 2. Kerjasama 3. Ceramah, 4. Pelaksanaan dan praktek langsung pembuatan aksesories pada siswa-siswi dan guru-guru  SD Muhammadiyah 1 Balung Kabupaten Jember,  diharapkan memiliki kemauan untuk maju dan mandiri dengan memanfaatkan ketrampilan yang dimiliki untuk dijadikan sumber mata pencaharian yang mampu meningkatkan nilai ekonomis dan dapat menumbuhkan kemampuan berwirausaha khususnya siswa-siswi dan guru-guru SD Muhammadiyah 1 Balung  Kabupaten Jember.

References

Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83

Bellman, L. M., Teich, I., & Clark, S. D. (2009). Fashion Accessory Buying Intentions Among Female Millennials. Review of Business, 30(1).

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty,P., Setiyawati, N., Pratiwi, A. I., & Saputri, V. G. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. 1–153.

Cahya, K. D. (2018, February). Jenis Perhiasan yang Sedang Digandrungi Milenial. Kompas.Com.

Dehghani Mohaddesa & Madhan Ritu, P. D. (2017). Jewellery Preferences Amongst College Going Girls. Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies, 4(31), 5197–5203.

Diyan Agustin, Wiwik Dwi Susanti. (2020). Pembuatan Bros dari Bahan Manik dan Limbah Kawat untuk Pelatihan Wirausaha ibu PKK Perumahan Sentra Alam Sidoarjo. Jurnal Pelatihan dan Pelayanan Masyarakat (PAMAS), 27-38.

Putra, E. S. (2021). Potensi Pengembangan Souvenir Di Sulawesi Tengah (Potential Souvenir Development In Central Sulawesi).Jurnal Pariwisata PaRAMA : Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 2(1), 16-23. https://doi.org/10.36417/jpp.v2i1.367 https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Gelang

Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273

Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628

Downloads

Published

2024-07-28

Issue

Section

Articles