Peningkatan Literasi Keuangan tentang Cara Berinvestasi di Pasar Modal Berdasarkan Prinsip Syariah pada Pimpinan Daerah Aisyiyah Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v5i2.1791Keywords:
Literasi Investasi, Pasar Modal , Pimpinan Daerah AisyiyahAbstract
Pasar Modal menurut Undang-undang No. 8 Tahun 1995 adalah kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek. Pasar Modal (Capital Market) diartikan sebagai pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuitas (saham), reksadana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Sehubungan dengan pasar modal tentu saja kita harus mengenal BEI (Bursa Efek Indonesia) sebagai pasar saham. Dengan diselenggarakannya ini dapat digunakan sebagai jembatan persiapan para peserta untuk menjadi investor yang berkualitas, meningkatkan jumlah peminat sebagai investor dibidang pasar modal dan edukasi menyeluruh tentang Investasi di Pasar Modal Indonesia
References
Antoni, M. S. ( 2001) Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Bogle, John C. "The Little Book of Common Sense Investing: The Only Way to Guarantee Your Fair Share of Stock Market Returns." Wiley, 2017.
Buffett, Warren. "The Essays of Warren Buffett: Lessons for Corporate America." Cunningham, Lawrence A., ed. Carolina Academic Press, 2013.
Fauzi, H., & Harahap, R. (2019). "Analisis Peningkatan Literasi Keuangan Masyarakat Melalui Edukasi Investasi Syariah." Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 87-98.
https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/1995/8tahun~1995uu.htm, tentang Undang Undang No 8 Tahun 1995
Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30
Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379
Ismal, R. (2013). Islamic Banking in Indonesia: New Perspectives on Monetary and Financial Issues. Singapore: Jhon
Wiley & Sons Kiyosaki, Robert T. "Rich Dad Poor Dad: What the Rich Teach Their Kids About Money That the Poor and Middle Class Do Not!" Plata Publishing, 2017.
Lembaga Keuangan Terkait (misalnya situs web SEC, FINRA, atau lembaga pemerintah terkait dengan investasi).
Malkiel, Burton G. "A Random Walk Down Wall Street: The Time-Tested Strategy for Successful Investing." W. W. Norton & Company, 2019.
Rahmawati, R., & Putri, W. (2021). "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Investasi di Pasar Modal Syariah pada Mahasiswa." Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 9(3), 210-220.
Sari, M., & Puspitasari, D. (2020). "Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 123-135.
Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B. “Influence Of Moderation Of Company Strategy On Csr Disclosures And Performance Mining Company In Indonesia.” International Journal of Social Science and Business. Vol. 2 no 1, pp. 93–100, 2018. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10525
Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Achmad Syahfrudin Zulkarnnaeni, Hendra Kurniawan, Yesica Melinda, Putri Lintang Salsabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.