Pengolahan Makanan Ringan Berbasis Potensi Desa sebagai Sumber Ekonomi Kreatif Desa kradinan Kec Dolopo Kab Madiun
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v5i2.2332Keywords:
Ekonomi Kreatif, Pengolahan Makanan, Pemberdayaan Masyarakat, Desa KradinanAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Desa Kradinan, Kecamatan Dolopo, melalui pelatihan pengolahan makanan ringan berbasis potensi desa. Desa Kradinan memiliki sumber daya alam melimpah, terutama dari sektor pertanian dan perkebunan, namun potensi ini belum dimaksimalkan. Masyarakat desa sebagian besar menjual hasil panen langsung ke tengkulak tanpa pengolahan lebih lanjut. Kegiatan pengabdian ini fokus pada peningkatan produktivitas dan daya saing produk makanan ringan melalui pelatihan pengolahan, penyediaan peralatan, serta strategi pemasaran digital. Pelatihan akan mencakup teknik inovasi produk, pemilihan bahan baku berkualitas, dan strategi branding serta pemasaran. Diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat desa Kradinan mampu meningkatkan nilai tambah dari hasil alam mereka, menciptakan produk berkualitas, dan memasarkan produk secara efektif sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi lokal.
References
Aini, S. A., Wijayantini, B., & Rusdiyanto, R. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Fitur Layanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Cabang Jember. National Multidisciplinary Sciences, Vol 1 No 3, 493–503. https://doi.org/10.32528/nms.v1i3.83
Akuntansi, N. A. (n.d.). Strategi Manajemen Pemasaran. In Pusdansi.org (Vol. 2, Issue 6).
Feby, A., Prawesti, W., Christyanti, A., Sari, A. N., Cahyani, S. A., & Achmad, Z. A. (2023). Implementasi Pendampingan Digital Branding dan Packaging pada UMKM Omah Dayang Implementation of Digital Branding and Packaging Assistance to UMKM Omah Dayang Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (Pengabmas Nusantara), 5(2). https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i2.303
Hidayati, R. A., & Handayani, A. (2022). Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di kabupaten gresik (pendekatan pada ibu-ibu aisyiyah kab. Gresik). Journal of Community Service, 4(1). www.kajianpustaka.com
Kustanti, R. (2022). Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kabupaten Jepara. Jurnal Ekobistek, 239–244. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v11i3.366
Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional (pada reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap yang terdaftar di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273
Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628
Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Santoso, B. “Influence Of Moderation Of Company Strategy On Csr Disclosures And Performance Mining Company In Indonesia.” International Journal of Social Science and Business. Vol. 2 no 1, pp. 93–100, 2018. https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i2.10525
Santoso, B., & Alawiyah, T. (2021). Service Quality as A Measurement of Customer Satisfaction of Indonesian Sharia Bank Using Important Performance Analysis Method. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 291–296. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Sudaryanti, D., Bastomi, M., & Sholehuddin, S. (2022). Peningkatan Penjualan Produk Industri Kreatif Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan Kedungkandang Kota Malang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 434–441. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1861
Susanto, D., Natalia, D., Jeniva, I., Lianto, Veronica, M., & Setinawati. (2022). Brand Knowledge Training Through Packaging Materials And The Use Of Social Media In Hurung Bunut Village, Gunung Mas District. AMALA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 81–89. https://doi.org/10.23971/amala.v1i2.34
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yusup Arip, Dwi Warni Wahyuningsih, Diana Pramudya Wardhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.