Perancangan Logo Produk Minuman Jamu Cair Herbal Merek Alenk Jaya

Perancangan Logo Produk

Authors

  • Pongky Wahyudi universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Eko Nurcahyo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v4i01.236

Keywords:

logo produk, minuman jamu herbal, visual branding, Logo produk, minuman jamu herbal, visual branding

Abstract

Produk minuman herbal merupakan produk minuman jamu cair yang yang berkembang dalam skala usaha kecil menengah. Usaha kecil ini terbentuk karena keinginan ibu-ibu di wilayah Desa Galengdowo yang ingin membantu ekonomi para suaminya dengan kegiatan yang menghasilkan dari pada setiap hari berkumpul dengan melakukan kegiatan yang kurang bemanfaat. Usaha minuman jamu herbal ini memiliki peluang untuk terus berkembang apalagi pada saat periode pademi covid 19 permintaan akan jamu herbal terus meningkat dimana produk herbal jamu cair ini diyakini dapat mengurangi potensi tertular bagi yang meminumnya dikarenakan dapat meningkatkan imun tubuh. Di kabupaten Jombang sendiri terdapat banyak produk sejenis yang diproduksi dengan kualitas yang berbeda-beda, termasuk produk minuman jamu cair herbal dengan merek dagang produk yang dikenal dengan nama“Alenk Jaya”. Perancangan logo produk ini bertujuan untuk membuat visual branding Alenk Jaya  dengan tampilan yang lebih menarik, lebih kreatif dan informatif dengan ciri khasnya yang unik sehingga membedakan dengan produk sejenis lainnya. Keunikan logo sebagai penanda keberadaan produk sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.  Logo produk jamu yang dibuat memiliki arti filosophy tersendiri terkait sejarah pendirian usaha itu sendiri, sehingga diharapkan produk herbal jamu cair “Alenk Jaya” ini lebih dikenal oleh konsumen

References

Rustan, S. (2009). Mendesain logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Abdul Azis Said, (2016). Desain Kemasan. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Aaker, David. A., (2004). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Abdul Azis Said, (2006). Dasar-Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Abdul Azis Said, (2015). Mendesain Logo. Makassar: Fakultas Seni dan Desain UNM Makassar.

Anggraini, L. & Kirana, N., (2014). Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa

Febriansyah, (2013). Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Terhadap Citra Merek Pada PT. Telkom tbk di Bandar Lampung, Jakarta: Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe.

Angela Oscario.(2013).Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Brand. humaniora Vol.4 No.1 April 2013: 191-202

Downloads

Published

2023-02-15

Issue

Section

Articles