Strategi dan Peningkatan Produktifitas Industri Kecil Menengah Pasca Pandemi Covid’19 di Kecamatan Panti Jember

Strategi dan Peningkatan Produktifitas Industri Kecil Menengah

Authors

  • Nurul Qomariah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moch Farhan Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dheby Noralisa Universitas Muhammadiyah Jember
  • Doni Bachtiar Ferdiansyah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v4i01.257

Keywords:

strategi; peningkatan produktifitas; UMKM; sosialisasi

Abstract

Covid 19 bukan hanya bencana dalam kesehatan, namun menimbulkan masalah pada perekonomian, tidak hanya industri besar yang terkena dampaknya selain itu para pelaku UMKM di Indonesia. Pemerintah melakukan kebijakan social distancing yaitu pembatasan social bersakala besar (PSBB) agar masyarakat melakukan semua kegiatan dari rumah atau work from home. Salah satu sampak dari Pandemi Copid 19 yaitu penurunan omzet  UMKM di semua sector produksi. Banyak masyarakat di kota Jember kehilangan penghasilan akibat terjadinya kebijakan tersebut dan kesulitan dalam mendapatkan penghasilan karena banyak proyek yang akhirnya di tunda akibat pandemic. Berdasarkan kondisi yang terjadi pada masyarakat khususnya penggerak UMKM, maka dilakukan upaya dalam membantu para UMKM untuk bangkit dengan meningkatkan kegiatan usahanya supaya omzet meningkat kembali dan para pelaku mulai produktif.  Upaya yang dilakukan yaitu “Strategi Peningkatan Produktifitas UMKM” di Kecamatan Panti Jember. Dalam kegiatan sosialisasi ini target yang hendak dicapai  adalah (1) Para pelaku UMKM memahami strategi usaha kecil menengah untuk meningkatkan produktifitas pasca pandemi (2) Para pelaku UMKM dapat memahami peluang dan tantangan UMKM untuk saat ini dan kedepan (3) Para pelaku UMKM harus mulai belajar menggunakan social media agar lebih mudah mempromosikan produk yang dijual. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa para pelaku UMKM merasa senang dengan kegiatan dan berusaha untuk bangkit setelah terkena dampak pandemi.

References

Andriani, R., Noor, C. M., Ismail, K., Fauzzia, W., & Agustina, F. (2022). Pendapatan Petani Kopi Di Umkm Saninten Kopi Pasca Pandemi Covid-19. 2(2), 223–228.

Berliandaldo, M., Wijaya Holman Fasa, A., Kholiyah, S., Chodiq, A., & Hendrix, T. (2021). Transformasi Digital Dan Strategi Pengembangan Bisnis Umkm Yang Adaptif Dan Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Analis Kebijakan, 4(2), 54–73. https://doi.org/10.37145/jak.v4i2.468

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

Soimah, N., Messi, M., & Imelda, D. Q. (2022). Strategi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Terhadap Umkm Pada Masa Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 10(2), 122. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v10i2.12850

Sudiman, S., Fahrudin, W. A., Taufik, T., Subarman, K., & Taufik, A. (2020). Sosialisasi strategi usaha kecil menengah untuk meningkatkan produktivitas pasca pandemi virus COVID19. Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 435–438. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAL/article/download/6884/4525

Yufron, A., Andari, B., & Pratama, A. E. (2022). Sosialisasi Upaya Peningkatan Produktivitas Penjualan Produk UMKM Geti Setelah Pandemi. 191–196.

Downloads

Published

2023-02-15

Issue

Section

Articles