Teknik Dasar Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Tarik Produk Lokal Pada Pedagang PKL Di Simpang Lima Gumul

Authors

  • Nur Laely Universitas Kadiri
  • Wahyu Dede Gustiawan Universitas Kadiri
  • Bothy Dewandaru Universitas Kadiri
  • Eunike Sintia Universitas Kadiri
  • Nurul Fitri Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v6i1.2641

Keywords:

Pelayanan pelanggan, Loyalitas pelanggan, Komunikasi efektif

Abstract

Para pedagang juga diajarkan tentang pentingnya pelayanan pelanggan yang baik, yang dapat menciptakan pengalaman positif bagi konsumen dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Teknik-teknik praktis seperti komunikasi yang efektif dan penanganan keluhan pelanggan diintegrasikan dalam sesi pelatihan untuk memberikan keterampilan yang lebih holistik. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan para pedagang. Banyak peserta melaporkan perubahan dalam strategi pemasaran mereka setelah mengikuti pelatihan. Misalnya, mereka mulai menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk dan menarik pelanggan baru, serta mengimplementasikan teknik branding yang lebih menarik. Evaluasi yang dilakukan setelah pelatihan menunjukkan adanya peningkatan jumlah pelanggan dan penjualan produk, yang menjadi indikator keberhasilan dari kegiatan ini. Beberapa pedagang juga melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dalam menghadapi konsumen dan bersaing di pasar

References

Aristawidia, Ifah Bunga. 2020. “Kajian Literatur Penerapan Strategi Branding Bagi Kemajuan Umkm Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA) 1(2):1–13. doi: 10.15642/manova.v1i2.351.

Ghobakhloo, Morteza, Mohammad Iranmanesh, Mantas Vilkas, Andrius Grybauskas, and Azlan Amran. 2022. “Drivers and Barriers of Industry 4.0 Technology Adoption among Manufacturing SMEs: A Systematic Review and Transformation Roadmap.” Journal of Manufacturing Technology Management 33(6):1029–58. doi: 10.1108/JMTM-12-2021-0505.

Hafidzi, Achmad Hasan & Qomariah, Nurul. (2022) The Role of Return on Asset Mediation in Influencing Corporate Social Responsibility on Stock Returns in Manufacturing Companies. J. Qual. Access Success. https://doi.org/10.47750/QAS/23.186.30

Kraus, Sascha, Johanna Gast, Moritz Schleich, Paul Jones, and Michael Ritter. 2019. “Content Is King: How SMEs Create Content for Social Media Marketing Under Limited Resources.” Journal of Macromarketing 39(4):415–30. doi: 10.1177/0276146719882746.

Mahfudlah Fajrie, Dwi Agung Nugroho Arianto, Nur Ainiyatuz Zulfa, Yeni Eka Safitri, Siti Afifa, and Faridatun Nimah. 2023. “Optimalisasi Pengembangan UMKM Cemara Cafe BUMDES Di Desa Dongos Kabupaten Jepara.” Jurnal Pengabdian Multidisiplin 3(2):2–7. doi: 10.51214/japamul.v3i2.657.

Putri, Melati Socika, and Hendra Riofita. 2024. “Pengaruh Media Sosial Dalam Mengoptimalkan Pemasaran Dan Penjualan.” 06(3):272–78.

Sahid, Reza Achmad, Budi Prayitno, and Renta Yustie. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Tahun 2020 (Studi Kasus: Pasar Gembong Asih Surabaya).” Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi 3(2):126. doi: 10.30742/economie.v3i2.1814.

Saifulloh, Muhammad. 2021. “Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan.” Jurnal Pustaka Dianmas 1(1):28–33.

Satria, Dias, Citra Indraswari, Nada Fikriyah Atifah, Aurenshia Monica, and Cornelia Grace Marsela. 2023. “Penguatan Jiwa Wirausaha Komunitas Usaha Mikro Dan Menengah Melalui Pelatihan Digital Marketing Di Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.” Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 3(2):455–60. doi: 10.54082/jippm.167.

Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Wulandari, Mukhlison; Hendri Budi Santoso; Anisa Septiana Astikawati; Intan Permata Sari; Ina Virdiana. 2022. “Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Lokal Untuk Pemulihan Ekonomi Di Kelurahan Kauman Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.” KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara 2(3):07–122

Downloads

Published

2025-03-14

Issue

Section

Articles