Pelatihan Pemberian Tagline atau Judul Pada Sebuah Konten yang Menarik Untuk Jualan Pada Karang Taruna Perkasa Kelurahan Sukorame Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v6i1.2642Keywords:
Era digital, Pelatihan komprehensif, Minat beli konsumenAbstract
Di era digital saat ini, persaingan dalam dunia pemasaran semakin ketat, terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satu kunci untuk menarik perhatian konsumen adalah kemampuan dalam menciptakan konten yang menarik, termasuk penggunaan tagline atau judul yang efektif. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota Karang Taruna Perkasa di Kelurahan Sukorame, Kota Kediri, dalam menciptakan tagline atau judul yang menarik pada konten jualan. Di era digital, pemilihan tagline yang tepat memiliki peran penting dalam menarik perhatian konsumen dan memaksimalkan efektivitas promosi di media sosial. Melalui sesi pelatihan yang komprehensif, para peserta diajarkan teknik-teknik dalam membuat tagline yang kreatif dan relevan serta bagaimana cara menyesuaikannya dengan target audiens. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menciptakan judul konten yang mampu menarik perhatian, meningkatkan minat beli konsumen, serta mendukung pengembangan usaha mereka. Evaluasi pasca-pelatihan mengindikasikan peningkatan minat peserta dalam memanfaatkan media sosial sebagai media promosi dan menunjukkan adanya dampak positif dalam strategi pemasaran mereka
References
Abdillah, Eric Kurnia, Deriawan, and Djoharsyah Mx. 2019. “Pengaruh Tagline Dan Celebrity Endorser Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Behavioural Intention Produk Kuku Bima Ener-G Di Wilayah Jakarta.” Jurnal Ekonomi 21(1):74–93.
Bambang Arianto; Sev Rahmiyanti ; Bekti Handayani. 2023. “BAGI UMKM DIGITAL KOTA CILEGON.” P. 2023 in.
Chaffey, Fiona Ellis Chadwick; Dave. 2018. “8. Digital Marketing.” Digital PR 99–106. doi: 10.1108/978-1-78756-619-420181009.
Dura, J. and Suharsono, R. S. 2022. Application Green Accounting To Sustainable Development Improve Financial Performance Study In Green Industry. Jurnal Akuntansi, XXVI(02), pp. 192–212. https://doi.org/10.24912/ja.v26i2.893
Febriyantoro, Mohamad Trio, and Debby Arisandi. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 1(2):61–76. doi: 10.26533/jmd.v1i2.175.
Mulyawan, Alvina Damaiyanti, and Sisca Aulia. 2022. “Pengaruh Tagline Shopee ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Minat Beli.” Kiwari 1(4):693–99.
Natania, Abigael Tesalonika, and Renny Dwijayanti. 2024. “Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 12(1):343–50.
Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506
Saura, Jose Ramon, Pedro R. Palos-Sanchez, and Marisol B. Correia. 2018. “Digital Marketing Strategies Based on the E-Business Model.” (Dm):86–103. doi: 10.4018/978-1-5225-7074-5.ch005.
Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14
Sukmasetya, Pristi, Heni Apriyani, Tri Wahyuni, Budi Setyo Wulan, Wisnu Nugroho, and Ahmad Husen Ardiyansah. 2021. “Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding Dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming 4(3):322–28. doi: 10.30591/japhb.v4i3.2331.
Sukmasetya, Pristi, Taufiq Haryanto, Fungki Ayu Sadewi, R. Bim. Gofiruli Maulida, Habib Said Aliudin, and Bagus Sugiarto. 2020. “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran Global Untuk Meningkatkan Penjualan Produksi Pada Home Industry.” Community Empowerment 5(2):28–35. doi: 10.31603/ce.v5i2.3514.
Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm's value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ria Lestari Pangastuti, M. Dian Ruhamak, Jhovanka Yobel Christian Ade, Intan Putri Viona, Elsa Febiola

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.