Upaya Penanaman Keterampilan Literasi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa COVID-19
Upaya Penanaman Keterampilan Literasi
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v4i01.292Keywords:
Literacy, Teaching Skills, Teaching Campus, Literasi, Keterampilan Mengajar, Kampus MengajarAbstract
Pandemi COVID-19 di Indonesia bermula pada tahun 2020. Adanya peningkatan kasus COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan surat edaran tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah. Dampak pandemi tersebut membuat beberapa peserta didik seperti SDN Manggisan 03 Jember mengalami penurunan kemampuan literasi. Upaya Pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Program ini menugaskan mahasiswa terpilih dari seluruh Indonesia untuk membantu guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu bentuk pengabdian mahasiswa adalah program literasi yang menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik di sekolah dasar. Tujuan program literasi ini sebagai langkah pembiasaan dan stimulus pada penguasaan literasi dalam proses pembelajaran, serta memotivasi minat baca peserta didik melalui media yang dikembangkan dan video pembelajaran yang diputarkan di dalam kelas saat sebelum memulai pelajaran ataupun sesudah pelajaran usai. Hasil kegiatan program ini berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan melalui beberapa kegiatan dengan memanfaatkan sumber-sumber pelajaran di lingkungan sekitar sekolah
The COVID-19 pandemic in Indonesia began in 2020. An increase in COVID-19 cases prompted the government to issue a circular regarding online learning and working from home. The impact of the pandemic has caused several students, such as SDN Manggisan 03 Jember, to experience a decrease in their literacy skills. The Government's effort to solve these problems is the "Freedom Learns Independent Campus" program. This program assigns selected students from all over Indonesia to assist teachers in the process of teaching and learning activities. One form of student service is a literacy program that applies fun learning methods for elementary school students. The purpose of this literacy program is as a habituation step and stimulus for literacy mastery in the learning process, as well as motivating students' interest in reading through developed media and learning videos that are played in class before starting lessons or after lessons are over. The results of this program activity went well and as expected through several activities by utilizing learning resources in the environment around the school
References
Adellia, R., & Himawati, I. P. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063
Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 3(1), 42–52.
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa. LIBRIA, 9(1), 17–26.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 15–29. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2965
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93–103. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fatqurhohman, F. (2021a). Characteristics of Students In Resolving Word Problems Based on Gender. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37303/jelmar.v2i1.42
Fatqurhohman, F. (2021b). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SDN Sumberbulus 01 Kecamatan Ledokombo Jember. Mujtama’ Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 101–108. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Mujtama/article/view/5856
Fatqurhohman, & Rusdiyanto. (2022). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(2), 99–108. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Fatqurhohman, & Susetyo, A. M. (2022). Transisi Representasi Simbolik-Pictorial dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(April), 22–29. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/15291
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. JUPENDAS, II(2), 11–21.
Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488—1498. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Lubis, R. R., Habib, M., Sadri, M., Rambe, N., & ... (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Guru. JMM (Jurnal …, 6(3), 2176–2187. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/8264%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/8264/pdf
Napitupulu, N. D., Walanda, D. K., Napitupulu, M., & Walanda, R. M. (2022). Penguatan budaya literasi ekologis di sekolah. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(6), 4420–4430. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10169
Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, 146–156.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 112–123.
Syafii, A. (2018). Perluasan dan Pemerataan Akses Kependidikan Daerah 3T. Dirāsāt: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(2), 153–171. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i2.4603.154
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fatqurhohman Fatqurhohman, Agus Milu Susetyo, Lailiya Rhamadhani, Aura Frisca Amalia Risanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.