Pemanfaatan Booth Portable Berkonsep Infinity Mirror dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Lembaga Kesejahetraan Sosial Anak (LKSA) Putri Aisyiyah Sumbersari Jember

Authors

  • Nursaidah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tatit Diansari Reskiputri
  • Yohanes Gunawan Wibowo Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v6i1.3010

Keywords:

Kewirausahaan, Rombong Lipat, Invinity mirror, Logo

Abstract

Produk Roti Eneh merupakan produk baru yang dirintis oleh para siswa di Lembaga Kesejahetraan Sosial Anak (LKSA) Putri Aisyiyah Sumbersari Jember dengan permasalah kesulitan dalam memperkenalkan produknya dan meningkatkan penjualannya. Kegiatan PKM ini, yaitu penggunaan booth portable invinity mirror, diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk Roti Eneh. Selain itu, diharapkan agar siswa di Lembaga Kesejahetraan Sosial Anak (LKSA) Putri Aisyiyah Sumbersari Jember lebih percaya diri saat memperkenalkan produk barunya. Metode yang digunakan dimulai dengan presentasi tentang ide pemasaran dan penjualan, survei dan observasi tentang kesesuaian model booth dengan tujuan pasar, diskusi tentang desain logo produk, simulasi penjualan, dan evaluasi program. Hasil kegiatan ini yaitu roti mencatat peningkatan penjualan sebesar 40% selama dua minggu pertama. Simpulan kegiatan ini yaitu penggunaan rombong lipat dengan konsep invinity mirror sangat efektif digunakan pada malam hari karena terlihat lebih menonjol dan memberikan kepercayaan diri penjual dalam menawarkan produknya. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan kemampuan para siswa dalam memberikan pelayanan penjualan kepada konsumen sehingga konsumen merasa puas

References

Angin, Ria ;Nusanto, B. (2020) ‘Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, Vol. 6 No., p. Hal: 1-8. Available at: https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i1.3729.

Bloch, P.H. et al. (2017) ‘Exploring booth design as a determinant of trade show success’, Journal of Business-to-Business Marketing, 24(4), pp. 237–256. Available at: https://doi.org/10.1080/1051712X.2018.1381399.

Dash, S. and Jung, S. (2024) ‘BRAND STRATEGY AND BUSINESS PERFORMANCE : HOW DOES LOGO CHANGES AFFECT SALES AND STOCK’, 05(10), pp. 43–51. Available at: https://doi.org/10.56734/ijbms.v5n10a5.

Dura, J. and Suharsono, R. S. 2022. Application Green Accounting To Sustainable Development Improve Financial Performance Study In Green Industry. Jurnal Akuntansi, XXVI(02), pp. 192–212. https://doi.org/10.24912/ja.v26i2.893

Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130

Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379

Panaite, A.F. and Bogdanffy, L. (2019) ‘Reimagining vision with infinity mirrors’, MATEC Web ofConferences,290,pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.1051/matecconf/201929001011.

Santoso, Budi; Fatimah, Feti; Sularso, Radenandi (2024). Mediation Social Media Resonance Relationship Capability And Environmental Turbulence On Social Customer Relationship Management And Corporate Performance. Quality - Access to Success, 2024, Vol 25, Issue 201, p396. doi10.47750/QAS/25.201.42

Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506

Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Setyowati, T., Az, B. T., & Tobing, D. S. K. (2021). The Role of Organizational Citizenship Behavior in Mediating the Relationship Between Organizational Culture and Job Satisfaction with Employee Performance. Quality - Access to Success, 22(185), 220–234. https://doi.org/10.47750/QAS.185. /2229

Thamrin Mohammad, Puspitadewi Ira & Zainudin Hassan (2024). Organizational Citizenship Behavior Based on Spirituality and Employee Performance: The Role of Communication and Engagement. JAM (Jurnal Aplikasi Manajemen), Vol 22 No 3. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2024.022.03.03

Downloads

Published

2025-03-14

Issue

Section

Articles