Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Halal (Gemar Halal) bagi Dunia Pendidikan

Authors

  • Siti Khayisatuzahro Nur Universitas Muhammadiyah Jember
  • Istikomah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Miftahul Hasanah Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v4i02.357

Keywords:

Socialization, Halal Awareness Community Movement (Gemar Halal), Education .

Abstract

Penanaman pemahaman dan upaya membangun perilaku sadar halal merupakan salah satu landasan awal yang harus diberikan bagi seorang muslim sejak dini. Pada lembaga pendidikan, pemahaman produk halal dan perilaku sadar halal sepatutnya diberikan secara konsisten. Hal ini dupayakan untuk membangun gerakan sadar halal bagi guru dan generasi milenial.  Untuk itulah pengabdian ini dilaksanakan di MAN 2 Jember sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di lingkungan ekonomi yang strategis. Dari kegiatan yang dilaksanakan ini dikemudian akan sangat mendukung upaya dan peran guru dalam memberikan pehamaman kepada peserta didik mengenai halal dan tidak lebih teliti dala mengkonsumsi makanan yang diragukan kehalalannya. Melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman bagi guru agama dan pserta didik tentang produk dan labelisasi halal pada kemasan serta membangun perilaku sadar halal di lingkungan sekolah tersebut. Dengan upaya ini, tentu pengembangan karakter anak islami dan mewujudkan gerakan masyarakat sadar halal (Gemar Halal) dapat tercapai dengan baik.

Author Biography

Istikomah, Universitas Muhammadiyah Jember

Prodi Ekonomi Syariah 

References

Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2013). Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 2(2), 87–97.

Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317

Hafidzi, Achmad Hasan. Satoto, Eko Budi & Endah Supeni, Retno. (2023 ) The Effect of COVID-19 Pandemic on Stock Return of Kompas 100 Index. International journal of sustainable Development and Planning. hal 283-294. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180130

Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379

Julianto, V., Gunawan, I., & Taufiqurrahman, B. (2021). Gerakan Sadar Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS) Sebagai Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Distrik Nimbokrang, Jayapura. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(2), 151–157. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/2398

Lubis, D., & Cahyadin, I. M. (n.d.). Preferensi Guru Dalam Memilih Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Depok. E-Journal.Metrouniv.Ac.Id, 09. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/adzkiya/article/view/2332

Mirdhayati, I., H. Zain, W. N., Prianto, E., & Fauzi, M. (2020). Sosialisasi peranan sertifikat halal bagi masyarakat Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 117–122. https://doi.org/10.31258/unricsce.2.117-122

Nur, S. K., & Istikomah. (2021). Progam SEHATI: Kemudahan Pelaksanaan Sertifikasi Halal bagi UMKM. 3(2), 72–79.

Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506

Sanosra, Abadi. Hakim, Arief Rahman. Cahyono, Dwi. Qomariah & Nurul.Thamrin, Muhammad. (2022) Role of Knowledge Sharing and Leadership Style in Improving Employee Performance With Work Culture As An Intervening Variable. JAM: Jurnal Aplikasi Manajemen. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.14

Susbiyani, A., Halim, M., & Animah, A. (2022). Determinants of Islamic social reporting disclosure and its effect on firm's value. Journal of Islamic Accounting and Business Research. https://doi.org/10.1108/JIABR-10-2021-0277

Reza, F, Budi Santoso, Eka Dewi (2020) “Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT Pada Mini Market di Mutiara Mart Rowotengah Jember,” International Journal of Social Science and Busines. Hal 301-307. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Rusdiyanto, (2022), Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam, Jurnal Pengabdian Mujtama, https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628.

Qomariah, N., Sari, M. I., & Budiarti, D. A. (2016). Perbandingan Kinerja Reksadana Syariah Dan Reksadana Konvensional (Pada Reksadana Saham Dan Reksadana Pendapatan Tetap Yang Terdaftar Di BEI periode 2010-2014). Jurnal Keuangan dan Perbankan, 20(3), 417-427. https://doi.org/10.26905/jkdp.v20i3.273

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles