Model Pembelajaran Fun Learning Untuk Guru di Yayasan Nurussaalam Wonoasri Jember

Authors

  • Agus Milu Susetyo universitas muhammadiyah jember https://orcid.org/0000-0003-1340-9780
  • Bahtiar Hari Hardovi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Moh. Fathoni Aabid Universitas Muhammadiyah Jember
  • Adetya Pratika Aprilia Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v4i02.384

Keywords:

pembelajaran, fun, learning, model, sekolah, bencana, trauma

Abstract

Penanganan khusus pada korban bencana alam di lokasi di atas perlu mendapatkan penanganan yang serius. Trauma merupakan keadaan yang menyebabkan luka psikis dan fisik yang berkepanjangan yang terjadi di masa lampau. Gangguan minat belajar merupakan salah trauma atas bencana alam yang terjadi di diri peserta didik di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember. Fakta ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti. Minta belajar siswa di lokasi tersebut mengamali menurunan akibat dari bencana banjir di daerah Wonoasri Tempurejo Jember. Daerah ini merupakan satu daerah di wilayah Jember yang rawan banjir dari luapan air sungat setempat. Akibat dari banjir tersebut juga mengakibatkan kerugian di bidang pembelajaran. Misalnya, hilangnya beberapa media pembelajaran, rusaknya sumber belajar.

Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) di MIS dan M.Ts di Yayasan Nurusalam Wonoasri Jember telah dilaksanakan dengan lancar sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Fakta ini terlihat bahwa semua guru dan termasuk kepala sekolah di sekolah tersebut hadir tepat waktu serta berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan pengabdian dengan topik “Model Pembelajaran  Fun Learning Untuk Peserta Didik di Yayasan Nurus Salam Wonoasri Jember”. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mengadakan bimbingan teknis Fun Learning untuk guru di daerah rawan bencana Wonoasri Jember. Solusi yang ditawarkan tersebut memiliki tujuan utama yakni meningkatkan kompetensi guru di sekolah mitra melalui model pembelajaran yang tepat untuk siswa di sekolah terdampak bencana. Selain itu, dukungan sarana, media, SDM, orang tua siswa, guru dan masyarakat sekitar sangat diperlukan guna melaksanakan model Pembelajaran Fun Learning. Hal tersebut karena model pembelajaran ini sangat berguna untuk trauma healing pasca bencana untuk peserta didik di lokasi pengabdian.

Kata Kunci : pembelajaran, fun, learning, model, sekolah, bencana, trauma

References

Ash-shidiqqi, E. A., & Falaq, Y. (2021). Model Kurikulum Tanggap Bencana di Satuan Pendidikan Indonesia. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 5(2), 175-188.

Audie, N. (2019). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).

Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317

Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379

Muliani, N. (2019). Trauma Healing Bencana Perspsektif Islam dan Barat (Sufi Healing dan Konseling Traumatik). Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 311-324.

Muttaqin, A. I., Fadlullah, M. E., & Rohma, P. S. (2021). Pengaruh Model Fun Learning dengan Super Memori terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Mata Pelajaran Al-Qur’An Hadits Di MTS Mamba’Ul Huda Krasak Tegalsari. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(2), 144-157.

Rahmawati, D., Mukhlis, M., & Juliana, R. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran “Outing Class” dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIIA pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Batang Hari (Doctoral Dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran project based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.

Setiawan, H. R. (2023). Implementasi Program Fun Learning dengan Metode Gerakan Tiga Bahasa dalam Pembelajaran Al-qur’an di Betong Junior Khalifah School Thailand. Journal on Teacher Education, 4(3), 503-512.

Syukri, R. A., Bahri, A., & Khaltsum, U. (2021). Penerapan model pembelajaran fun learning dalam meningkatkan hasil belajar menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 51-60

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles