Pendampingan dan Pelatihan Desain Label Kemasan Produk Makanan Beku Zaalea

Authors

  • I Gusti Ayu Sri Deviyanti institut sains dan teknologi terpadu surabaya
  • Pram Eliyah Yuliana Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Sri Rahayu Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Kelvin Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya
  • Setya Ardhi Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32528/manage.v4i02.487

Keywords:

logo & label kemasan, makanan beku, canva, visual branding

Abstract

Usaha Zaalea Food yang berdiri sekitar tahun 2018 merupakan usaha yang memproduksi makanan beku. Produk yang dihasilkan adalah bakso, sempol, tahu bakso, siomay ayam, kubis ayam, bandeng sapit. Saat ini terdapat  produk baru yaitu tahu fantasi. Adapun proses pembuatan masih tradisional dan penjualannya masih dengan getok tular. Kemasan dari produk yang dibuat juga masih sederhana dan belum tampak ada label pada kemasan. Untuk saat ini pelaku Usaha Zaalea Food belum paham bagaimana proses mendesain label kemasan yang menarik. Melalui pengabdian masyarakat dengan melakukan pendampingan & perlatihan cara mendesain label kemasan menggunakan aplikasi canva ini bertujuan untuk membuat visual branding Zaalea Food dengan tampilan yang lebih menarik, lebih kreatif  dengan kekhasan yang unik sehingga mampu membedakan dengan produk kompetitor lainnya. Keunikan logo sebagai  penanda keberadaan produk makanan beku sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.

 

 

References

Amirullah, 2021, Prinsip – prinsip manajemen pemasaran, Edisi asli , Indomedika Pustaka

Artaya P, Kamisutara M, Deviyanti, 2021, Salesmanship & Negosiasi Bisnis : Kemasan, Label dan Jaringan Penjualan, Cetakan Pertama, Narotama University Press

Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317

Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379

Istifadah, A., & Santoso, B. (2019). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Livia Mandiri Sejati Banyuwangi. International Journal of Social Science and Business, 3(3), 259. https://doi.org/10.23887/ijssb.v3i3.21004

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2014, Principles of Marketing, 10th Edition, Pearson Education Inc. Upper Saddle River,New Jersey.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhallindo

Novita D, Senoaji F, 2022, Peran merk dan packing dalam penjualan keripik pisang

kekinian di Surabaya, Jurnal Adipati, Vol 1, No 1, hal 1 -6

Rusdiyanto, (2022), Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam, Jurnal Pengabdian Mujtama, https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628.

Satoto, Budi, Eko. (2023). Boosting Homeownership Affordability for Low-Income Communities in Indonesia. International journal of sustainable Development and Planning. Hal 1365-1376. https://doi.org/10.18280/ijsdp.180506

Setianingsih, Wahyu Eko & Nursaidah. (2023). How Does Hotel Service Innovation Affect Experiential Value and Consumer Decisions to Stay in Hotels?. Jurnal Manajemen Bisnis. Hal 62-178. https://doi.org/10.18196/mb.v14i1.16601

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles