Peningkatan Literasi Al-Quran Bagi Warga Lanjut Usia di Kelurahan Lesanpuro Kedungkandang Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.32528/manage.v4i02.765Keywords:
Literasi Al-Quran, Lanjut UsiaAbstract
Literasi Al-Quran warga lanjut usia di Kelurahan Lesanpuro tidak mendapat perhatian serius. Hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan membaca Al-Quran saat kegiatan tadarus, khatm Al-Quran, majelis Yasin dan tahlil serta pengakuan pribadi warga. Selain itu juga belum ada tempat belajar Al-Quran bagi lanjut usia. Berdasarkan kondisi tersebut, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi Al-Quran bagi warga dewasa dan lanjut usia di Kelurahan Lesanpuro terutama yang tinggal di lingkungan sekitar Musala Nurul Huda yang menjadi basis dari kegiatan ini. Kegiatan ini dilakukan dengan metode Community Based Research (CBR) yang melibatkan masyarakat secara aktif dalam merumuskan fokus masalah, strategi pemecahan masalah hingga pelaksanaanya. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pembinaan dan pendampingan intensif kepada 50 warga lanjut usia mulai bulan Mei hingga Juli 2023. Pembinaan dilakukan dengan menghadirkan narasumber yang memberikan pembinaan teori dan praktik membaca Al-Quran setiap hari Ahad setelah salat Magrib yang diikuti oleh peserta laki-laki dan perempuan secara bersamaan. Sedangkan pendampingan dikemas dalam bentuk setoran (sorogan) praktik bacaan kepada pendamping pada hari Selasa. Peserta kegiatan pendampingan ini dibagi menjadi tiga kelompok dengan melibatkan tokoh masyarakat setempat sebagai pendamping kelompok. Hasil kegiatan ini berdampak pada peningkatan literasi Al-Quran warga dewasa dan lanjut usia baik secara kuantitas maupun kualitas. Yang sebelumnya jarang membaca Al-Quran menjadi lebih sering, yang awalnya terdapat banyak kesalahan fatal menjadi berkurang, yang awalnya tidak memperhatikan masalah hukum dan makna bacaan menjadi peduli dan paham.
References
Farihah, I. (2014). Bimbingan Keagamaan bagi Masyarakat Perkotaan. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 171–186. https://doi.org/10.21043/kr.v5i1.1066
Fatqurhohman, F., and R. Rusdiyanto. 2022. “Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Aliyah At-Taqwa Jember.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage Vol 3 No 2. 99-108. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i2.8317
Fitrii, Y., & Mawarni, E. E. (2021). Senam “Gerontologi”: Eksistensi Citra Diri Terhadap Ageisme Pada Lansia. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS.
Fleisher, P. (2010). Community-Engaged Research with Community Based Organisation, Community Engagement Program. CTSI, University of California.
Hawkley, L. C., & Cacippo, J. T. (2010). Loneliness matters; A theorectical and empirical review of consequences and mechanisms. Annals of Behavioral Medicine, 40(2), 218–227.
Hermawati, I, M. S. (2015). Kajian Tentang Kota Ramah Lanjut Usia. Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS).
Herlambang, T., & Rusdiyanto, R. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Untuk Peningkatan Kapasitas Usaha pada Pelaku Usaha Mikro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 3(1), 47-58. https://doi.org/10.32528/jpmm.v3i1.7379
Isa, A. H., & Napu, Y. (2020). Pendidikan Sepanjang Hayat. Ideas Publishing.
Kirsch, I. S. (1984). Adult reading practices for work and leisure. Adult Education Quarterly, 34, 213–232.
Nuraisyah, F., Nurfita, D., & Ariyanto, M. E. (2018). Efektifitas Pemberdayaan Lansia Untuk Peningkatan Taraf Hidup Lansia. Jurnal Pemberdayaan : Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Rusdiyanto, (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Pembagian Harta Bersama Pasca Perceraian Menurut UU No 16 Tahun 2019 dan Kompilasi Hukum Islam. Jurnal Pengabdian Mujtama. 2 (2). 61-68. https://doi.org/10.32528/mujtama'.v2i2.7628
Safira Ramadhani, A., Suwena, I. W., & Aliffiati, A. (2021). Peran Lanjut Usia dalam Masyarakat dan Keluarga pada Pemberdayaan Lanjut Usia di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang. Sunari Penjor : Journal of Anthropology, 4(2), 48. https://doi.org/10.24843/sp.2020.v4.i02.p01
Solehudin. (2018). KEEFEKTIFAN PROGRAM LITERASI ALQURAN DI SEKOLAH-SEKOLAH SWASTA NON-AGAMA DALAM KERANGKA PENGUATAN KARAKTER (KAJIAN DI JAWA BARAT). Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur‟an dan Tafsir, 3(2), 168–188.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh Faruq, Rendhi Fatrisna Yuniar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.