Pengaruh Atraksi, Fasilitas, Dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Kembali Generasi Z Pantai Di Ngurbloat Maluku Tenggara

Authors

  • Rahmat Abdullah Politeknik Perikanan Negeri Tual
  • Roberto Mario Kabi Teniwut Politeknik Perikanan Negeri Tual
  • Ida I Dewa Ayu Raka Susanty Politeknik Perikanan Negeri Tual

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1026

Keywords:

Atraksi Wisata, Fasilitas Wisata, Aksesibilitas, Minat Berkunjung Kembali Generasi Z

Abstract

Pantai Ngurbloat Maluku Tenggara, merupakan pantai yang paling dominan dikunjungi oleh wisatawan khususnya wisatawan lokal generasi Z, dimana wisatawan tersebut memiliki karakteristik yang perlu disesuaikan dengan produk yang ditawarkan oleh pengelola pantai Ngurbloat. Tujuan peneltian ini untuk menganalisi dan mengtahui lebih jauh bagaimana pengaruh antara atraksi wisata, fasilitas wisata dan aksesibilitas terhadap minat berkunjung kembali generasi Z. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan total sampel sebanyak 100 wisatawan genearasi Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa varibel atraksi wisata, fasilitas wisata dan aksesibilitas secara individu memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali generasi Z di Pantai Ngurbloat. Saran penulis untuk pengelola pantai Ngurbloat agar dapat menjadikan wisatawan generasi Z sebagai fokus target pasar dan menyesuaikan seluruh atraksi wisata dan fasilitas wisata yang disediakan, sesuai dengan karakteristik, kebutuhan dan keinginan dari target pasar secara berkelanjutan.

References

Adikampana, et. al. (2021). Pendampingan Pokdarwis Desa Wisata Perancak Dalam Menentukan Target Pasar Pariwisata. Buletin Udayana Mengabdi, 20(3). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i03.p08

Abdullah. (2023) Travel Pattern Desa Wisata Ngilngof Maluku Tenggara. Langgur. Politeknik Perikanan Negeri Tual

Alvin, S. (2022). Pariwisata Metaverse Indonesia dalam Kacamata Gen-Z. Ruang Pariwisata, 89–108. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Teguh-Rachmad/publication/368172102_Ruang_Pariwisata/links/63dc9003c465a873a27ff2ad/Ruang-Pariwisata.pdf#page=99 1 Oktober 2023

Batubara, R. P., & Putri, D. A. (2022). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Jurnal Industri Pariwisata, 4(2), 94–101. https://doi.org/10.36441/PARIWISATA.V4I2.657

Bencsik, et. al. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3). https://doi.org/https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Bumo Ngilngof. (2022). Profil Desa Wisata Ngilngof. Maluku Tenggara: Bumo

Camelia, A., & Begawati, N. (2020). Pengaruh Daya Tarik Dan Aksesitabilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Kembali Pada Objek Wisata Pantai Gandoriah Di Kota Pariaman. Matua Jurnal, 2(1), 31–50. https://doi.org/10.1038/NATURE.2014.14583

Damanik, J., & Weber, H. F. (2006). Perencanaan ekowisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Syafitri, & Azizwita. (2023). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas dan Aksesibilitas Terhadap Proses Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Padang di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2), 328–341. https://doi.org/10.47233/JEBD.V25I2.972

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS. Semarang. Univ. Diponegoro Press.

Indriastuty, et. al. (2020). Analisis Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal GeoEkonomi, 11(1), 56–73. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v11i1.108

Jadesta. (2023). Desa Wisata Kabupaten Maluku Tenggara. Jadesta. Retrieved from https://maluku.jadesta.com/search?type=7&kota=8103&submit=1 1 September 2023

Janie. (2012). Statistik Deskriptif & regresi Linier Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.

Lestari, et. al. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang (Studi kasus Wisatawan Pantai Klayar Pacitan). EXERO : Journal of Research in Business and Economics, 5(1), 1–35. https://doi.org/10.24071/exero.v5i1.5037

Kabote, et. al. (2017). Domestic tourism for sustainable development indeveloping countries. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 6(2), 1–12. Retrieved from http://www.ajhtl.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_47_vol_6__2__2017.pdf 1 September 2023

Marpaung. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Keselamatan Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Interventing Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan. Mpu Procuratio, 1(2 Oktober), 144–155. Retrieved from http://jurnal.mputantular.ac.id/index.php/MPU/article/view/294 1 Oktober 2023

Mayasari. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Menentukan Tempat Makan Di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 13(02), 20–27. https://doi.org/10.24036/JPK/VOL13-ISS02/969

Nasution, et. al. (2020). Pengaruh Program Sapta Pesona Dan Fasilitas Terhadaptingkat Kunjungan Objek Wisata T-Gardendi Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung, 28(2), 211–230. https://doi.org/10.46930/OJSUDA.V28I2.627

Okfiarni, et. al. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Daya Tarik, Danaksesibilitasterhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan Pada Pantai Carocok Painan. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Economics, Bung Hatta University, 15(2). Retrieved from https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFEK/article/view/15266 2 Oktober 2023

Purnomo, R. A. (2017). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. CV. Wade Group. UNMUH Ponorogo Press.

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti, 9(2).

Sefaji, et. al. (2018). Kesiapan Aksesibilitas Stasiun Solo Balapan dalam Melayani Trayek Kereta Api Penghubung Bandara Adi Soemarmo dan Kota Surakarta. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 13(1), 50–63. https://doi.org/10.20961/region.v13i1.17250

Sugiyono. (2020). Metode penelitian pariwisata : Kuantitatif, kualitatif, kombinasi R & D. Bandung. Alfabeta.

Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Waruwu, R. D. S. (2022). Analisis daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ulang wisatawan (studi kasus kawasan pantai sanur). Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Bisnis, 1(9), 2395–2405. https://doi.org/10.22334/paris.v1i9.164

Yoeti, O. A. (2003). Tours and Travel Marketing. Jakarta. Pradnya Paramita.

Zahra, et. al. (2023). Fasilitas Wisata dan Nilai Keuntungan terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Konservasi Penangkaran Penyu Pantai Ampalu Kota Pariaman | Manajemen dan Kewirausahaan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 9. Retrieved from https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/853 1 September 2023

Additional Files

Published

2024-06-28

How to Cite

Abdullah, R., Teniwut, R. M. K., & Susanty, I. I. D. A. R. (2024). Pengaruh Atraksi, Fasilitas, Dan Aksesibilitas, Terhadap Minat Berkunjung Kembali Generasi Z Pantai Di Ngurbloat Maluku Tenggara. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1026