Analisis Hubungan Atribut Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Kawasan Malioboro
DOI:
https://doi.org/10.32528/sw.v6i2.1200Keywords:
Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Kepuasan WisatawanAbstract
Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata prioritas negara Indonesia. Salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi wisatawan saat ke Yogyakarta adalah kawasan Malioboro. Malioboro merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang paling sering dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan atribut destinasi pariwisata yang terdiri dari atraksi, aksesibilitas, dan amenitas terhadap kepuasan wisatawan di Kawasan Malioboro. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total responden/jumlah sampel sebanyak 145 responden yang dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Hasil penelitian menunjukan atribut destinasi wisata yang terdiri dari atraksi, aksesibilitas, dan amenitas memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan atraksi sebagai variabel yang lebih dominan terhadap kepuasan wisatawan. Hal ini menunjukkan bahwa kemudahan akses, daya tarik yang luar biasa dari destinasi serta kualitas fasilitas memiliki peranan penting dalam menciptakan pengalaman yang sangat memikat bagi para wisatawan. Selain itu, adanya pusat informasi wisata juga memberikan dampak positif bagi tempat wisata itu sendiri.
References
AB, Nizhamuddin. (2022). Pengaruh Attraction, Amenity, Accessibillity, Infrastructure Terhadap Kepuasan Pengungjung ke Tempat Wisata Taman Oval Makroni. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(2), 141. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i2.102.133-141
Adif, M. R., Putra, E. M. A. & Afrida Y. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Amenitas dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Goa Batu Kapal, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(1), 6. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i1.187
Alifianto, A.Y.A., & Candraningrat,. (2019). The Influence of Destinstion Brand Communication and Destination Brand Trust Toward Visitor Loyalty of Marine Tourism in East Java. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(8), 923. http://www.iaeme.com/ijciet/issues.asp?JType=IJCIET&VType=9&IType=8
Alifianto, A.Y.A., Candraningrat, & Wibowo, J. (2018). Visitor Loyalty Analysis of Marine Tourism in Bayuwangi Beaches. The 2ndInternational Conference On Economicsand Business, 2, 49. http://jurnal.itsm.ac.id/index.php/eproceeding/article/view/277
Alifianto, A.Y.A., & Candraningrat,. (2019). Conceptual Review of Rethinking Marine Tourism Visit Intention from Word of Mouth, Destination Image dan Destination Branding. Prosiding Asia Conference of Humanities, Industry, and Technology for Society (pp 11-26). Surabaya: Progam Studi Manajemen Universitas Dinamika.
Alifianto, A.Y.A., Candraningrat., & Wibowo, J. (2018). Strategi Pengembangan Ekoonomi Kreatif Nelayan Perkotaan di Jawa Timur. Surabaya.
Alvianna, S., Patalo, G. R., Hidayatullah, S., Rachmawati, K. I. (2020). Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancilary terhadap keputusan generasi milenial berkunjung ke tempat wisata. Jurnal kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas, dan perjalanan, 4(1), 59. https://doi.org/10.34013/jk.v4i1.41
Apriadi, D. & Junaid, T. M. (2022). Pengaruh Attraction, Amenity, Accessibillity, Infrastructure Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Objek Wisata Taman Berlabuh. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 46. https://doi.org/10.35334/jmbi.v1i1.5
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Buku Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro Press.
Darmawan, D., S. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ansilari Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 8(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6225/5461
Hajar, S., Supriyono, B., Muluk, M. R. K., & Said, A. (2021). Tourism Potential Planning Based Governance in the Lake Toba Area. Italienisch, 11(2), 558. https://italienisch.nl/index.php/VerlagSauerlander/article/view/150
Holloway, J. C., & Humphreys, C. (2016). The business of tourism. Harlow: Pearson Education.
Husain, A. F. & Santoso, B. A. (2022). Pengaruh Pandemic Covid-19 terhadap Jumlah Wisatawan Ditinjau dari 4A (Attraction, Accesbilitas, Amenitas, Anchilary) Studi Kasus Masyarakat Pulau Harapan, Jurnal Manajemen & Pendidikan, 2(3), 226. https://journal.lap4bangsa.org/index.php/jumandik/indeks
Middleton, V., Fyall, A.,Morgan, M., & Ranchhod, A. (2009). Marketing in Travel and Tourism. Slovenia: Elsevier.
Mujanah, S., Sumiati, Candraningrat, & Kaffi, A. (2022). The Effect of Shopping Enthusiasm, Shopping Motivation, and Visiting Experience on Tourist Satisfaction in East Java Tourism Village. Businnes and Finance Journal, 7(2), 207. https://doi.org/10.33086/bfj.v7i2.3492
Muslim, C. B. M. (2022) Pengaruh Atraksi, Aktivitas, Amenitas, dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Nusa Bali. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 87. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.200
Muttaqiin, N., Rasyid, A. R., Candraningrat,. (2021). Pengaruh Citra (Images), Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction), Kepercayaan Konsumen (Customer Trust) Dan Loyalitas Konsumen (Customer Loyalty) Pada Perusahaan Agen Asuransi di Surabaya, Media Mahardika, 20(1), 181. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i1.332
Ramadhani, P. D. N., Rini, R., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh 3A Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Temam. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 1(3), 171. https://doi.org/10.5281/jtiemb.v1i3.3023
Robustin, T. P., Sularso, A. R., Suroso, I. & Yulisetiarini, D. (2018). The Contribution of Tourist Attraction, Accessibility and Amenities in Creating Tourist Loyalty in Indonesia. Journal of businnes and Economic Review, 3(4), 98. https://doi.org/10.35609/jber.2023.8.2
Sari, B. E. K. (2018). Pengaruh E-Wom Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Kunjung Wisatawan Berdasarkan Persepsi Daya Tarik Wisata Menurut Karakteristik Demografis. Studi Pada Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk. Universitas Sananta Dharma Yogyakarta.
Sari, D. R. (2019). Pengaruh Amenitas dan Aksesibilitas terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Margasatwa Semarang. Jurnal Gema Wisata, 15(2), 516. https://doi.org/10.56910/gemawisata.v18i2.217
Sawai, V. W., Alvianna, S., Estikowati, Lasarudin, A., & Hidayatullah, S. (2020). Dampak atraksi, amneitas, dan aksesibilitas Pantai Pasir Putih Manokwari. Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 6(1), 8. https://doi.org/10.25078/pba.v6i1.1937
Seaton, A. V. & Benneth, M. M. (1996). The Marketing of Tourism Products: Concepts, Issues, and Cases. London: International Thomson Business Press.
Setyanto, I., Pangestuti, E. (2019). Pengaruh komponen destinasi wisata (4a) terhadap kepuasan pengunjung pantai gemah tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 72(1), 167. https://doi.org/10.37676/ekombis.v10i1.1753
Sofiani, S., & Eugenia, V. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Kembali Di Pantai Tongaci Sungailiat. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 6(1), 9. https://doi.org/10.32528/sw.v6i1.243
Statistik Kepariwisataan. (2015, September 6). D.I. Yogyakarta Indonesia: Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Retrieved from https://visitingjogja.jogjaprov.go.id/webdinas/download/statistik-kepariwisataan-diy-tahun-2021/.
Stevianus. (2014). Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis. 19(3). https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1167
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Yaqin, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Amenitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16(2), 158. https://stiepari.org/index.php/gemawisata/article/view/123
Yoeti, Oka A. (2006), Pariwisata Budaya Masalah dan Solusinya. Jakarta: Pradnya Paramita.
Yuniar, Z. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Destinasi Wisata Pantai Tanjung Pendam Belitung. STP AMPTA Yogyakarta.
Wulandari, K. A. (2017). Pengaruh Physical Evidence, Aksesibilitas, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Dan Resto Mitra Inn Kediri. SimkiEconomic, 01(3). http://simki.unpkediri.ac.id/detail/13.1.02.02.0226
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.