Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata Pada Periode Awal Covid-19: Potret Arah Kebijakan Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1657

Keywords:

Covid-19, Kebijakan Pemerintah, Pariwisata Indonesia

Abstract

Akibat munculnya pandemi Covid-19, yang akhirnya menyebabkan terhentinya aktivitas sektor pariwisata di Indonesia. Kondisi ini jika dibiarkan begitu saja, maka akan semakin memperparah perekonomian nasional dan 13 juta tenaga kerja di bidang pariwisata juga akan terkena dampaknya karena hilangnya mata pencaharian mereka. Merespon hal tersebut, pemerintah pusat yang dalam hal ini adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menghadirkan berbagai strategi penanggulangan untuk memulihkan kembali sektor pariwisata Indonesia melalui penerapan berbagai kebijakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kebijakan apa saja yang diambil oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memulihkan kembali sektor pariwisata yang terhenti dan terhenti akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data diperoleh dari berbagai literatur seperti buku, jurnal ilmiah, dan website pemerintah yang mampu memberikan informasi untuk memperkuat data dalam penelitian ini. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yaitu diawali dengan kondensasi data, penyajian data, dan diakhiri dengan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang diambil untuk memulihkan sektor pariwisata yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terbagi menjadi tiga fase, yaitu Fase Tanggap Darurat, Fase Pemulihan, dan Fase Normalisasi.

References

Ambarwati, R., Susanto, & Tumanggor, S. (2021). Kebijakan Pajak Indonesia Menanggapi Krisis COVID-19: Manfaat bagi Wajib Pajak. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 1(2), 815–826. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH/article/view/11875

Amelia, V., & Prasetyo, D. (2022). Sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, & Environment) terhadap Objek Wisata sebagai Wujud Pemenuhan Hak Wisatawan. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(2), 92–99. https://doi.org/10.23887/jmpp.v5i2.49461

BPS. (2020a). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Desember 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

BPS. (2020b). Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Januari 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Candranegara, I. M. W., Mirta, I. W., & Putra, K. A. F. (2021). Implementasi Program “We Love Bali” Berbasis CHSE (Clean, Health, Safety, Environment) dalam Pemulihan Pariwisata Bali. Journal of Contemporary Public Administration, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.22225/jcpa.1.1.2021.27-32

Chumaida, Z. V., Subagyono, B. S. A., & Roro, F. S. R. (2021). Kebijakan Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Lex Journal: Kajian Hukum & Keadilan, 5(2), 158–183. https://doi.org/10.25139/lex.v5i2.4577

Djunarto, Subiyantoro, H., & Sutrisno. (2022). Virtual Tour Pada Sektor Pariwisata Indonesia di Era New Normal. Jurnal Kajian Pariwisata, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.51977/jiip.v4i1.739

Fatmaningdyah, Y., & Fatchoelqorib, M. (2020). Kebijakan Perjalanan Udara di Masa Pandemi Corona Virus (Covid-19). AVIASI: Jurnal Ilmiah Kedirgantaraan, 17(1), 21–34. https://doi.org/10.52186/aviasi.v17i1.56

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Hidayat, R., & Rahmini, N. (2022). Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata Pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) di Kalimantan Selatan. Ecoplan, 5(2), 129–141. https://doi.org/10.20527/ecoplan.v5i2.538

ILO. (2022). Pemantauan ILO Edisi Ke-9: Dampak COVID-19 dan Dunia Kerja - Estimasi dan Analisis Terbaru. Diakses pada 13 September 2023, dari https://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_849543/lang--en/index.htm

Kemenparekraf. (2020). Outlook Pariwisata & Ekonomi Kreatif Indonesia 2020/2021. Jakarta: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kristina, N. M. R. (2020). Pemulihan Ekonomi Pariwisata Bali di Era New Normal. Cultoure, 1(2), 136–142. https://doi.org/10.55115/cultoure.v1i2.828

Kusuma, C. S. D. (2019). MICE - Masa Depan Bisnis Pariwisata Indonesia. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 52–62. https://doi.org/doi.org/10.21831/efisiensi.v16i2.27420

Listyorini, H., & Hakim, P. A. R. (2023). Pengaruh Penerapan CHSE Daya Tarik Wisata Terhadap Kepercayaan Wisatawan yang Berdampak pada Minat Berkunjung. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 215–233. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i2.1438

Mardika, I. N. (2022). Peran Serta Desa Adat Bali dalam Pembangunan dan Pemulihan Pariwisata Bali Pasca Covid-19. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 3(2), 211–217. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JPSS/article/view/1728

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.

Mutma, F. S. (2022). Manajemen Krisis Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kemenparekraf RI Periode 2021-2022). E-Proceeding CORE Universitas Pembangunan Jaya, 2022(2), 1–5. https://www.core.upj.ac.id/detailAbstrak/88

OECD. (2019). Can Social Protection Be an Engine for Inclusive Growth? OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/9d95b5d0-en

Pradipta, M. P. Y. (2022). Strategi Pemulihan Potensi Pariwisata di Kota Surakarta. BARISTA: Jurnal Kajian Bahasa Dan Pariwisata, 9(2), 99–109. https://doi.org/10.34013/barista.v9i01.873

Rachmawati, A., & Alhazami, L. (2022). Strategi Pemulihan Ekonomi Pada Bidang Pariwisata di Era New Normal DKI Jakarta. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 1–19. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v4i1.53

Sugiarti. (2021). Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Penerbangan di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 12(1), 113–122. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jmm/article/view/638

Sugihamretha, I. D. G. (2020). Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesia Journal of Development Planning, 4(2), 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Wahyuni, D. (2021). Upaya Pemulihan Pariwisata Yogyakarta pada Masa Pandemi Covid-19. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 12(2), 121–137. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v12i2.2502

Yanti, N. W. N., Ardani, W., & Putri, I. A. S. (2022). Peningkatan Trust and Visit Intentions Wisatawan ke Destinasi Wisata di Bali melalui Presidensi G20 Indonesia (Studi Kasus di Monkey Forest, Ubud). Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.54371/jms.v1i1.162

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Additional Files

Published

2024-06-28

How to Cite

Pikoli, W., Aji, A. W., & Sulistyaningsih, T. (2024). Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata Pada Periode Awal Covid-19: Potret Arah Kebijakan Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia . Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 25–35. https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1657