Implementasi Kerangka VRIO dalam Upaya Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Usaha Jasa Fotografi Pariwisata
Studi Kasus Osing Studio Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.1751Keywords:
Fotografi, Pariwisata, RBV, VRIO, SCAAbstract
Fotografi berperan penting pada industri pariwisata sebagai salah satu upaya mendukung unsur sapta pesona yaitu kenangan. Selain itu, fotografi saat ini juga dapat menjadi sumber informasi pariwisata. Salah satu penyedia layanan jasa fotografi pariwisata di Banyuwangi adalah Osing Studio. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumberdaya dan kapabilitas yang dimiliki Osing Studio guna mencapai keunggulan bersaing berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage/ SCA). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis Resource Based View (RBV). Berdasarkan hasil penelitian, Osing Studio memiliki 17 sumberdaya dan 5 kapabilitas yang digunakan dalam kegiatan promosi. Sumberdaya dan kapabilitas tersebut diolah menggunakan kerangka VRIO (Value, Rarity, Imitability, Organization) sehingga diketahui implikasi bersaingnya. Tahap pengambilan keputusan dipilih dari implikasi bersaing Sustainable Competitive Advantage dan Temporary Competitive Advantage.
References
Antopani, T. (2015). Fotografi, Pariwisata, dan Media Aktualisasi Diri. Jurnal Rekam, 11(1), 31–40. https://doi.org/10.24821/rekam.v11i1.1293
Astiti, S. O., & Rahardjo, B. (2022). Analisis Keunggulan Kompetitif Umkm Dimasa Pandemi Covid 19. Management and Sustainable Development Journal, 4(1), 46–59. https://doi.org/10.46229/msdj.v4i1.295
Barney, J. B., & Clark, D. . (2007). Resource-Based Theory: Creating and Sustaining Competitive Advantage. New York: Oxford University Press.
Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2015). Strategic Management and Competitive Advantage: Concepts and Cases (15th ed.). England: Pearson Education Limited.
Butarbutar, K., Dodie, T., & Tri, D. (2017). Analisis Perumusan Strategi Bersaing Telkomsel Regional Jawa Barat Menggunakan Konsep Resource Based View Of The Firm Dengan Kerangka VRIO. Journal of Accounting and Bussiness Studies, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.61769/jabs.v1i2.169
John, F., & Alan, S. (1999). Strategic Marketing and the Resource Based View of the Firm. Academy of Marketing Science Review, 1999(10), 1–20. https://www.proquest.com/openview/7e35947b0377dec04a485f5436aa79b2/1?pq-origsite=gscholar&cbl=25818
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Bersaing. Jakarta: Erlangga.
Lubis, N. W. (2022). Resource Based View (RBV) in Improving Company Strategic Capacity. Research Horizon, 2(6), 587–596. https://doi.org/10.54518/rh.2.6.2022.587-596
Mocharam, D., & Krisnayana, R. (2018). Strategi Promosi Jasa Fotografi Dalam Menarik Minat Konsumen Melalui Instagram (Studi Kasus Pada Vexia Pictures). Dialog: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Studi Media, 4(2), 12–17. http://journal.unla.ac.id/index.php/dialog/article/view/844/605
Purnomo, E., & Retnawati, B. B. (2023). Analisis Sumber Daya Manusia Dan Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Pada KPRI NBB XYZ Semarang. Journal of Management and Business Review, 20(3), 266–280. https://doi.org/10.34149/jmbr.v20i3.599
Shidqi, M. F., & Tricahyono, D. (2017). Formulasi Strategi Hotel Rumah Tawa Dalam Rangka Resource – Based View. E-Proceeding of Management, 4(2), 1487–1493. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3502
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, 1 1 (2009).
Yasa, I. D. G. P. (2019). Travel Fotografi Dalam Perkembangan Pariwisata Bali. Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur, 2, 203–208. https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/158
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.