Implikasi Kualitas Pelayan Guest Relation Officer (GRO) Dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Di Sheraton Surabaya Hotel & Towers
DOI:
https://doi.org/10.32528/sw.v7i2.1778Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Guest Relation Officer,Abstract
Sheraton Surabaya Hotel & Towers merupakan salah satu hotel bintang lima yang ada di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Masing-masing departemen di Sheration Surabaya Hotel & Towers memiliki tugas dan tanggung-jawab. Salah satu section di departemen Front Office yang bertugas untuk menyambut serta memberikan pelayanan prima adalah Guest Relation Officer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Guest Relation Officer (GRO) terhadap kepuasan tamu di Sheraton Surabaya Hotel & Towers. Penelitian ini disajikan secara deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan uji instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis berupa uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi sederhana, uji koefisien determinasi (r2) dan uji t (parsial). Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberi penjelasan apakah kualitas pelayanan Guest Relation Officer (GRO) berpengaruh positif/negatif dan signifikan/tidak signifikan terhadap kepuasan tamu serta dapat menjadi bahan pertimbangan/acuan bagi Sheraton Surabaya Hotel & Towers dalam meningkatkan kinerja Guest Relation Officer (GRO
References
Ahmed, I., Nawaz, M., Ahmad, Z. et al. (2010). Does Service Quality Affect Students’Performance? Evidence from Institutes of Higher Learning. African Journal of Business Management.
Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan, Y., Amalia, F.R., Ermawati, E.A. (2023). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Make Up Room di Hotel Poliwangi Jinggo Banyuwangi. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata Volume 7, Issue 1.
Permatasari, E.N., Ermawati, E.A., Cardias, E.R., (2023). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan menginap di aston Banyuwangi hotel & conference center. Media Bina Ilmiah, Vol.18 No.9
Putri, S., Ermawati, E.A., Yustita, A.D. (2023) analisis citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian wisatawan di pusat oleh-oleh sun osing Beach banyuwangi. Sadar Wisata: Jurnal Pawirisata Volume 6 Nomor 1.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. 2012. Service Management, Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. 2016. Service, Quality dan Satiscfaction Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.