Minat Kunjungan Wisatawan Gen Z Melalui Citra Destinasi Berkelanjutan Pada Pariwisata Bali
DOI:
https://doi.org/10.32528/sw.v7i2.2564Keywords:
Minat kunjungan, gen z, citra destinasi, pariwisata berkelanjutanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami lebih jauh terkait bagaimana minat kunjungan wisatawan dari kelompok Generasi Z dari perspektif Pembangunan citra destinasi yang berkelanjutan. Hal ini sehubungan dengan mulai aktifnya generasi z dalam kegiatan pariwisata yang mulai mendominasi pasar wisatawan. Penelitian ini melihat kuatnya ketergantungan generasi ini terhadap media sosial dapat menjadi celah untuk mempengaruhi perilaku calon wisatawan sehingga dapat membangun destinasi wisata berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan data kuantiatif yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Responden dalam penelitian ini adalah generasi yang lahir pada rentang tahun 1995-2010 dan dipilih menggunakan Teknik purposive sampling. Sampling dalam penelitian ini diukur menggunakan metode slovin dimana ditemukan ada 100 responden. Data dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan Smart PLS. Penelitian ini menemukan bahwa media sosial dan e-wom berperan penting Pembangunan citra destinasi berkelanjutan dan berimbas pada peningkatkan minat kunjungan wisatawan pada objek wisata tersebut. Hal ini tentunya dapat menjadi pandangan baru dalam membangun destinasi wisata berkelanjutan melalui optimalisasi media sosial dan e-wom untuk kampanye perilaku wisatawan yang ramah lingkungan
References
Adinda, S. (2019). Pengaruh Media Sosial Instagram @Exploremalang Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi (Survei Pada Followers @Exploremalang). Program Studi Pariwisata Universitas Brawijaya Malang
Ajzen, Icek. (1991). The Theory of Planned Behavior. Journal of Organizational Behavior and Human Decision Process, Vol. 50, pp 179-211.
Ajzen, Icek. (2005). Attitudes, Personality, and Behavior. New York: Mc Graw-Hill
Andre Prastyo, N. A., Suharto, A. and Tyas, W. M. (2018) ‘Pengaruh E-wom (Electronic word of mouth) dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Online Shop.’, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1–7.
Andriani, K., Fitri, A., & Yusri, A. (2019). Analyzing influence of electronic word of mouth (eWOM) towards visit intention with Sustainable Destination Image as mediating variable: A study on domestic visitors of Museum Angkut in Batu, Indonesia. Eurasia: Economics & Business, 1(19), 50-57.
Anizir, A., & Wahyuni, R. (2017). Pengaruh social media marketing terhadap brand image perguruan tinggi swasta di Kota Serang. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 3(2).
Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S., & Ramkissoon, H. (2023). Tourist behaviour: The role of digital marketing and social media. Acta Psychologica, 240. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.104025
Bolang, E., Mananeke, L., Lintong, Dc. A., Hendri Bolang, E., Mananeke, L., Ch Lintong, D. A., Manajemen, J., & Ekonomi Dan Bisnis, F. (2021). The Influence Of Electronic Word Of Mouth, Location And Ticket Prices Towards Tourist Visiting Interest In Makatete Hill’s Warembungan Village. 9(1), 1360–1370.
BPS Provinsi Bali. Desember 2022. Banyaknya Restoran dan Rumah Makan Dirinci Menurut Kabupaten/Kota di Bali (Unit), 2020-2022. Diakses pada 10 September 2023, dari https://bali.bps.go.id/indicator/16/385/1/banyaknya-restoran-dan-rumah-makan-dirinci-menurut-kabupaten-kota-di-bali.html
Charli, C. O., & Putri, D. A. (2020). Pengaruh Social media marketing, Fasilitas Wisata Dan Citra Destinasi Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung. Jurnal PKM, 9(2), 1-48.
Chen, S. C., & Lin, C. P. (2019). Understanding The Effect Of Social media marketing Activities: The Mediation Of Social Identification, Perceived Value, And Satisfaction. Technological Forecasting And Social Change, 140, 22–32.
Chu, C., & Luckanavanich, S. (2018). The Influence of Social Media Use and Travel Motivation on The Perceived Sustainable Destination Image and Travel Intention 106 to Taiwan of The Thai People. International Journal of Arts and Commerce, 7(3), 22–36.
Dewi, N. M. P., Imbayani, G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social media marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas,2,1–15
Gaffar, V., Abdullah, T., & Putri, D. N. (2018). How can social media marketing create positive image of nature-based tourist destination in Indonesia?. The Business & Management Review, 9(4), 476-482.
Gaffar, V., Tjahjono, B., Abdullah, T., & Sukmayadi, V. (2022). Like, tag and share: bolstering social media marketing to improve intention to visit a nature-based tourism destination. Tourism Review, 77(2), 451-470.
Hapsara, O. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(01), 64-76.
Kholiq, M. A. K. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap visit intention melalui image destination pada selo tirto giri kabupaten gresik (studi pada selo tirto giri kabupaten gresik) Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. PT. Indeks, Bandung.
Meet, R. K., Kundu, N., & Ahluwalia, I. S. (2024). Does socio demographic, green washing, and marketing mix factors influence Gen Z purchase intention towards environmentally friendly packaged drinks? Evidence from emerging economy. Journal of Cleaner Production, 434. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.140357
Muis, M. R., Gultom, D. K., Jufrizen, J., & Azhar, M. E. (2020). Model Elektronik Word of Mouth: Citra Destinasi, Kepuasan Dan Loyalitas Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 1–19.
Nikiki, S. D., & Sari, D. K. (2020). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Servicescape Terhadap Revisit intention Yang Dimediasi Oleh Sustainable Destination Image (Study Pada Objek Wisata di Kota Payakumbuh). Jurnal Saintekom, 10(1), 53-64.
Nugraha, D. Y. (2021). Peran Citra Destinasi dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan. Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 15(3), 160-166.
Paludi, S. (2016). Analisis pengaruh electronic word of mouth (E-wom) terhadap citra destinasi, kepuasan wisatawan, dan loyalitas destinasi Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Panorama Nusantara, 11(1).
Prameswari, I. G. A. D. M., & Rachmawati, I. (2021). Pengaruh E-Wom Terhadap Minat Berkunjung Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Objek Wisata Bali Zoo Park). eProceedings of Management, 8(4).
Pratama, M. F. R., Andajani, E., & Rahayu, S. (2021). Peran Komunikasi E-Word Of Mouth Terhadap Visit Intention Objek Wisata. Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam, 6(2), 117-124.
Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Food Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80.
Ramadhani, S. A., & Kurniawati, M. (2019). Pengaruh Sustainable Destination Image dan subjective norm terhadap biat berkunjung wisata sunan ampel surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 3(2), 127-138.
Rasmana, E. (2021). Pengaruh social media marketing dan Sustainable Destination Image terhadap intention to visit the destination. Universitas Trisakti, Jakarta
Rainer, P. (2023). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z
Ribeiro, M. A., Seyfi, S., Elhoushy, S., Woosnam, K. M., & Patwardhan, V. (2023). Determinants of generation Z pro-environmental travel behaviour: the moderating role of green consumption values. Journal of Sustainable Tourism. https://doi.org/10.1080/09669582.2023.2230389
Sari, Fungkiya dan Edriana Pangestuti. (2018).Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung (Studi pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon). Jurnal Administrasi Bisnis ,54(1), 3-16.
Satria Nugraha, A., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social media marketing Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai Yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 195–212.
Shalsha, A. A., Erlyna, W. R., Isti, Khomah. (2022). Pengaruh Citra Destinasi dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dalam Menentukan Kunjungan Wisata (Studi Kasus Pada Kampoeng Kopi Banaran Semarang). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 1–16.
Sholikha, E. A. and Sunarti. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Followers (Survei Pada Followers Akun Instagram @batuflowergarden.Cobanrais). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 70(1).
Stylos, N., A.Vassiliadis, C., Bellou, V., & Andronikidis, A. (2016). Sustainable Destination Images, holistic images and personal normative beliefs: Predictors of intention to revisit a destination. Tourism Management, 53(40–60).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Alfabeta, Bandung
Suryanto, M. R. P. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Obyek Wisata Dengan Variabel Citra Destinasi Sebagai Pemediasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2).
Syahreza, K., & Wibisono, N. (2021). Pengaruh Konten Media Sosial Terhadap Sustainable Destination Image dan Minat Berkunjung Lembang Park & Zoo. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 12, 1486-1492.
Widhiasthini, N. W., Subawa, N. S., Fong Emmerson, M., Yanti, N. K. W., Utami, M. S. M., Kusuma, P. S. A. J., Dewi, P. P., & Sudharma, K. J. A. (2024). Public regulation urgency in cryptocurrency based on administrative reform for Bali sustainable tourism. Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2312657
Woosnam, K. M., Stylidis, D., & Ivkov, M. (2020). Explaining conative Sustainable Destination Image through cognitive and affective Sustainable Destination Image and emotional solidarity with residents. Journal of Sustainable Tourism, 28(6), 917–935.
Yanti, NKW. (2023). Peran Subak Dalam Menjaga Keberlanjutan Community Based Ecotourism. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 4(2). https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v4i2.964
Yanti, N. K. W. (2024). Collaboration of SME and Village Tourism to Achieve Sustainable Tourism: Role of Authenticity and Moderation. International Journal of Research and Scientific Innovation, 11(7), 976-984.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.