Pengaruh Harga, Promosi, dan Loyalitas Tamu terhadap Kepuasan di Hotel Aston Nagoya City Batam

Authors

  • Joya Honey R Batam Tourism Polytechnic
  • Heri Nuryanto Batam Tourism Polytechnic
  • Eva Amalia Batam Tourism Polytechnic
  • Frangky Silitonga Batam Tourism Polytechnic

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v7i2.2614

Keywords:

Harga, Loyalitas Konsumen, Kepuasan Wisatawan, Hotel

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh Harga, Promosi dan Loyalitas Tamu terhadap Kepuasan di Aston Nagoya City Hotel. Data diperoleh dari pertanyaan yang disebarkan dalam bentuk kuesioner melalui link Google Form (data primer). Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, total sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 30 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kategori tamu yang pernah menginap di Aston Nagoya City Hotel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengujian hipotesis dengan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dimana harga yang ditawarkan kepada tamu yang ingin menginap memberikan kontribusi terhadap peningkatan kepuasan. (2) Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dimana promo yang ditawarkan kepada tamu yang ingin menginap berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan. (3) Loyalitas tamu berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dimana pelayanan yang diberikan kepada tamu berkontribusi terhadap peningkatan kepuasan. (4) Selain itu, hasil pengujian menunjukkan bahwa harga, promosi dan loyalitas tamu berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan, menunjukkan bahwa kombinasi ketiganya dapat meningkatkan kepuasan secara keseluruhan.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Nuryanti, S. (2019). Service Excellence dan Servicescape: Faktor Dominan Dalam Menciptakan Kepuasan Tamu Hotel. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 44–52. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/135

Andi Asari, Zulkarnaini, Hartatik, A. C. A., Suparto, Jacomina Vonny Litamahuputty, F. M., Dewadi, Dyah Rini Prihastuty, Maswar, W. A. S., & Nanti Sari Murni, T. S. (2023). PENGANTAR STATISTIKA.

Apsari, F. A., & Novitaningtyas, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Ditinjau Dari Dimensi Servqual Terhadap Loyalitas Tamu Hotel Sarasvati. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 3(3), 107–118. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v3i3.779

Baetie Destiana. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara. Jom Fisip, 5(1), 1–13. https://www.neliti.com/publications/205894/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-tamu-di-hotel-niagara-parapat-prov

Firdausya, F. A., & Indawati, R. (2023). Perbandingan Uji Glejser Dan Uji Park Dalam Mendeteksi Heteroskedastisitas Pada Angka Kematian Ibu Di Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Jurnal Ners, 7(1), 793–796. https://doi.org/10.31004/jn.v7i1.14069

Hardiyanti, D. Y., & Wulansari, N. (2023). Analisis Faktor Kepuasan Tamu di Kyriad Hotel Bumiminang Padang. 6(2), 2023.

Harun, A., & Salmah, N. N. A. (2020). Determinan Keputusan Pembelian Pelanggan Berdasarkan Kepercayaan dan Kemudahan Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2), 114–126.

Jumheri, S., & Paludi, S. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Promosi Dalam Mempengaruhi Kepuasan Tamu Hotel. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(02), 231–244. https://doi.org/10.25134/equi.v20i02.7793

Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), 392–403. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4

MARDIATMOKO, G.-. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Maretza Naufal Fishendra. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Kliri Coffee and Space Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.199

Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238

Rahma, D. N., Dewi, R. A. K., & Nanda, A. (2023). Pengaruh PembangunanInfrastruktur Terhadap Pengurangan Pengangguran Kab. Sidoarjo. Jurnal Edukasi Ekonomi, 8(1), 24–35.

Rahmawati, P. (2023). Pengaruh Harga, Cita Rasa, Lokasi, Promisi Dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen di Mie Ayam Sebatas Ikhtiar Bekasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 226–237. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/5090

Ramdani, D., Supriatna, E., & Yuliani, W. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Angket Kematangan Emosi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(3), 232–238. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i3.10869

Soeprajogo; Purnama, M., & Ratnaningsih, N. (2020). Perbandingan Dua Rata-Rata Uji-T. Universitas Padjajaran, 5–20.

Sri Ekowati, Meilaty Finthariasari, A. (2020). Jurnal ilmiah akuntansi, manajemen & ekonomi islam (jam-ekis) volume 3, no. 1, januari 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14.

Tumuyu, E. R., Tumbel, A. L., Tampenawas, J. L. A., Harga, A., Kualitas, D. A. N., & Terhadap, P. (2024). KONSUMEN PADA HOTEL LUCKY INN MANADO ANALYSIS OF PRICE , PROMOTION , AND SERVICE QUALITY ON CONSUMER SATISFACTION AT THE LUCKY INN MANADO HOTEL Jurnal EMBA Vol . 12 , No . 4 November 2024 , Hal . 346-356. 12(4), 346–356.

Utami, Y. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(2), 21–24. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i2.730

Yuliasti, N., & Cyasmoro, V. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, CRM dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Tamu Menginap di Hotel Horison Ultima Bekasi. ECo-Buss, 6(1), 238–252. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.775

Yuslistyari, E. I., Umam, C., & Ramayanti, G. (2023). Pengaruh Pasca Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Perjalanan Wisata Ke Anyer Banten. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 6(1), 106–116. https://doi.org/10.47080/intent.v6i1.2641

Zaid Khader, H. A. (2024). the Impact of Using the Art of Etiquette for Working Individuals on the Quality of Services Provided (a Sample Study of Restaurants in the Holy City of Karbala). International Journal of Business Management and Economic Review, 07(01), 11–12. https://doi.org/10.35409/ijbmer.2024.3546

Additional Files

Published

2024-12-23

How to Cite

Joya Honey R, Nuryanto , H., Amalia, E., & Silitonga , F. (2024). Pengaruh Harga, Promosi, dan Loyalitas Tamu terhadap Kepuasan di Hotel Aston Nagoya City Batam. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(2), 136–145. https://doi.org/10.32528/sw.v7i2.2614