Market Basket Analysis (MBA) Pada Penentuan Daerah Wisata Di Kabupaten Jember

Authors

  • Kahar Haerah University of Muhammadiyah Jember
  • Daryanto Daryanto University of Muhammadiyah Jember
  • Hadi Jatmiko University of Muhammadiyah Jember
  • Faozen Faozen University of Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.592

Keywords:

MBA, Rekomendasi, Algoritma apriori

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang punya peran besar dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Hal tersebut juga didukung dengan hadirnya para pelaku usaha di industri pariwisata baik dalam skala besar maupun SME. Di era digital saat ini, perkembangan industri pariwisata pun bergerak semakin cepat. Hubungan antara para pelaku industri secara digital maupun di lapangan yang kini terjalin menawarkan kemudahan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk bisa menikmati wisata di Indonesia.
Market basket analysis adalah teknik penambangan data yang digunakan untuk mengungkap pola pembelian dalam bidang ritel apa pun. Tujuannya adalah memahami perilaku konsumen dengan mengidentifikasi hubungan antara barang-barang yang dibeli. Contohnya, konsumen yang membeli green tea juga akan cenderung membeli madu. Jadi, teknik ini secara kuantitatif akan menetapkan bahwa ada hubungan antara green tea dan madu

References

Agustin, A. (2018). Strategi Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Pada Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi). Malang: Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi.

Antonio, H., & Safriadi, N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Administrasi Informatika (SI-ADIF). Jurnal ELKHA, 4(3), 12-23. doi:10.26418/elkha.v4i2.514

Dhian . (2024, Pebruari Jumat). Travel. Diambil kembali dari www.selingkarwilis.com: https://www.selingkarwilis.com/travel/85011749474/keindahannya-yang-eksotis-pantai-papuma-jember-digandrungi-banyak-wisatawan

Hendrian, S. (2018). Algoritma Klasifikasi Data Mining Untuk Memprediksi Siswa Dalam Memperoleh Bantuan Dana Pendidikan. Faktor Exacta, 11(3), 266-274. doi:10.30998/faktorexacta.v11i3.2777

Ikhsan, M., Dahria, M., & Sulindawaty. (2007). Penerapan Associaton Rule dengan AlgoritmaApriori Pada Proses Pengelompokan Barangdi Perusahaan Retail. Prosiding SNIKOM (hal. 1-6). Medan: STMIK-Triguna Dharma.

Kemenparekraf. (2021, November Jumat). Destinasi Wisata Berbasis Sustainable Tourism di Indonesia. Diambil kembali dari kemenparekraf.go.id: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Destinasi-Wisata-Berbasis-Sustainable-Tourism-di-Indonesia

Octavia, S., Mustakim, Permana, I., & Monalisa, S. (2023). Penerapan Algoritma Association Rules Dalam Penentuan Pola Pembelian Berdasarkan Hasil Clustering. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 7(3), 956-965. doi:10.30865/mib.v7i3.6129

Santosa , B. (2007). Data Mining Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Setiawan, A. Y. (2015). Perkembangan Industri Pariwisata di Kabuaten Jember tahun 2003-2014. Jember: Fakultas Sastra Universitas Jember.

Taufikurrahman. (2021). Inovasi Pemasaran Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Asta Tinggi Sumenep. Jember: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Additional Files

Published

2024-06-28

How to Cite

Haerah, K., Daryanto, D., Jatmiko, H., & Faozen, F. (2024). Market Basket Analysis (MBA) Pada Penentuan Daerah Wisata Di Kabupaten Jember. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 7(1), 47–51. https://doi.org/10.32528/sw.v7i1.592