Upaya Promosi Untuk Meningkatkan Minat Pembeli Pada Minimarket Ceria
Keywords:
Mini market;, neon box;, visual;, penjualan;Abstract
Dalam era digital yang semakin pesat, persaingan bisnis semakin ketat, terutama di sektor ritel seperti minimarket. Minimarket dituntut untuk terus berinovasi dan menghadirkan daya tarik yang berbeda agar dapat bertahan dan berkembang. Salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan daya tarik minimarket adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupaya untuk membantu usaha Mini Market PCA Kaliwates Jember. Adapun tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing usaha melalui inovasi teknologi pencahayaan. Salah satu upaya adalah pemasangan neon box dibuat dengan desain yang menarik dan penempatan strategis agar dapat meningkatkan daya tarik toko, terutama pada malam hari. Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga memberikan edukasi kepada pemilik dan karyawan mini market mengenai strategi pemasaran berbasis teknologi, termasuk pemanfaatan media sosial dan pentingnya identitas visual dalam bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan dampak positif, di mana mini market menjadi lebih mudah dikenali dan menarik lebih banyak pelanggan. Program ini telah dilaksanakan sehingga Mini Market PCA menjadi mudah di temukan, sehingga dapat terus berkembang dengan mengadopsi teknologi untuk meningkatkan daya saing bisnis mereka.
References
Bhaskara Gautama, I. M., & Rahmani Putri, D. (2019). Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v1i2.44
Cahyono, C. B., Tianingsih, N. A., & Kurniawan, E. (2018). PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMASARAN MASYARAKAT DESA PUTAT JAYA SURABAYA. Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(1), 91–93.
Di, B., & Jayasakti, D. (2023). INSTALASI RUNNING TEXT SEBAGAI ALAT BANTU INFORMASI DALAM RANGKA MENARIK MINAT. 02, 30–36.
Duratun, S., Rosady, N., Aida, F., Aini, N., & Riskitasari, S. (2024). Optimalisasi Media Neon Box sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Partisipasi Kader Muda dalam Program PKK. 2(3), 499–505.
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Ribek, P. K., & Anggariani, N. P. (2023). Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Di Minimarket Jaya Kerti Dalung. Jurnal Dharma Jnana, 3(3), 196–204. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/dharmajnana/article/view/7636%0Ahttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/dharmajnana/article/download/7636/6373
Saputra, Y., Rosihan, R. I., Spalanzani, W., Kumalasari, R., & Riyanti, H. (2022). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Memutuskan Minimarket Sebagai Tempat Berbelanja. Jurnal Rekavasi, 10(1), 45–55. https://doi.org/10.34151/rekavasi.v10i1.3880
Tobona, F., Sasongko, I., & Soewarni, I. (2022). Penataan Media Reklame Di Koridor Jalan Soekarno Hatta Kota Malang. 8.5.2017, 2003–2005.
Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Nuansa Informatika, 16(1), 33–40. https://doi.org/10.25134/nuansa.v16i1.4670
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mokh Hairul Bahri, Iswahyudi Iswahyudi, Dudi Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.