Implementasi Game Berbasis Hand Gesture untuk Pelatihan dan Evaluasi Motorik Halus Anak di TK Yasmin Jember

Authors

  • Heru Arwoko Universitas Surabaya
  • Joko Siswantoro Universitas Surabaya
  • Endah Asmawti Universitas Surabaya
  • Sofia Ariyani Universitas Surabaya

Keywords:

motorik halus;, anak usia dini;, game edukatif;, hand gesture;

Abstract

Kemampuan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia karena berperan dalam keterampilan dasar seperti menulis, menggambar, dan memegang objek kecil. Namun, metode pelatihan konvensional sering kali kurang menarik dan tidak menyediakan umpan balik objektif terhadap perkembangan anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengevaluasi keterampilan motorik halus anak melalui media game edukatif berbasis pengenalan gesture tangan (hand gesture) secara real-time. Program diterapkan di TK Yasmin Jember dengan melibatkan 32 anak usia 4–6 tahun. Game dirancang agar anak memindahkan objek virtual menggunakan gerakan tangan yang direkam dan dianalisis oleh sistem berbasis kamera. Data yang diperoleh diklasifikasikan ke dalam kategori performa (Baik, Cukup, Kurang) dan dibandingkan dengan penilaian guru. Hasil menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 93,75% antara klasifikasi sistem dan observasi manual guru. Selain peningkatan koordinasi tangan-mata dan fokus atensi, media ini juga mendapat tanggapan positif dari guru dan orang tua sebagai sarana pembelajaran inovatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan aplikasi berbasis gesture memiliki potensi sebagai alat bantu yang efektif, menyenangkan, dan objektif dalam mendukung perkembangan motorik anak usia dini.

References

Asadipour, A., Debattista, K., & Chalmers, A. (2020). Visuohaptic augmented feedback for enhancing motor skills acquisition. arXiv. https://arxiv.org/abs/2001.11401

Fueling Brains. (2023, 15 Maret). The role of fine motor skills in shaping children’s future. Fueling Brains. https://www.fuelingbrains.ca/blog/how-fine-motor-skills-play-a-role-in-shaping-childrens-future continued.com+8fuelingbrains.ca+8en.wikipedia.org+8arxiv.org

Gautam, A. (2024, 16 Mei). Hand detection tracking in Python using OpenCV and MediaPipe. Medium.

Gidion, H. (2019). The importance of measuring fine motor skill in early children’s education. Atlantis Press. atlantis-press.com+1researchgate.net+1

Husna, R., Brata, K. C., Anggraini, I. T., Funabiki, N., Rahmadani, A. A., & Fan, C.-P. (2025). An investigation of hand gestures for controlling video games in a rehabilitation exergame system. Computers, 14(1), 25. https://doi.org/10.3390/computers14010025

Interactive case study on gesture-based games to assist learning of children with ASD. (2018). Interactive Learning Environments. aic-fe.bnu.edu.cn

Islam, M. R., Rahman, R., Ahmed, A., & Jany, R. (2022, April 23). NFS: A hand gesture recognition based game using MediaPipe and PyGame. arXiv. https://arxiv.org/abs/2204.11119

Junghare, M. (2025, Mei 10). How I used OpenCV and MediaPipe for gesture recognition in a game. LinkedIn. https://www.linkedin.com/posts/mohini-junghare-b1264a28a_gesturerecognition-ai-gamedevelopment-activity-7326209884394246147-SHmz

Michel, A., Molitor, T., & Schneider, W. (2020). Motor skills and academic success link. Contin. Children Early Ed. pmc.ncbi.nlm.nih.gov+5continued.com+5researchgate.net+5

Rosalianisa, R., Purwoko, B., & Nurchayati, N. (2023). Analysis of early childhood fine motor skills through application of learning media. IJORER. researchgate.net

Vaishnavi, L. V. D. A., Kumar, C. A. L., Harish, S., & Divya, M. L. (2021). MediaPipe to recognise the hand gestures. ResearchGate. github.com+7researchgate.net+7scribd.com+7

Yusmelia, Y., Nugraha, D., & Setiawan, A. (2023). A study of exergame system using hand gestures for wrist rehabilitation. Informatics, 15(10), 622. https://www.mdpi.com/2078-2489/15/10/622

Zhang, F., Bazarevsky, V., Vakunov, A., Tkachenka, A., Sung, G., Chang, C.-L., & Grundmann, M. (2020). MediaPipe Hands: On device real time hand tracking. arXiv. https://arxiv.org/abs/2006.10214

Downloads

Published

2025-07-25

Issue

Section

Articles