Keterampilan Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan: Penerapan PBL-SSI

Authors

  • Putri Fakhirah Putri mahasiswa
  • Ervan Johan Wicaksana Universitas Jambi
  • Fitri Astriawati Universitas Jambi

Keywords:

PBL, SSI, Metacognitive Skills

Abstract

Pendidikan abad 21 mewajibkan peserta didik untuk memiliki keterampilan Higher Order Thinking Skills (HOTS), salah satu diantaranya adalah keterampilan metakognitif. Namun, berdasarkan data angket dan wawancara di SMAN 7 Kota Jambi menunjukkan bahwa keterampilan ini masih belum optimal, terutama pada kelas XI. Studi ini mempunyai tujuan guna mengkaji efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Sosio Scientific Issue (SSI) terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI SMAN 7 Kota Jambi dan seberapa besar efektifitas model tersebut terhadap keterampilan metakognitif peserta didik. Studi ini memakai metode kuantitatif dengan rancangan Non-randomized Control-Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes esai. Data dianalisis menggunakan uji one way ANCOVA dan uji hipotesis Quade’s rank analysis of Covariance. Hasil studi memperlihatkan model PBL-SSI efektif menaikkan keterampilan metakognitif dengan nilai Partial Eta Square (ŋp²) sebesar 0,347. Dengan demikian, model PBL-SSI dapat menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dalam penguatan keterampilan metakognitif siswa.

References

Aini, J., Kusuma, A. S., & Setiadi, D. (2025). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sikur. Journal of Classroom Action Research, 7(2), 825-831.

Aisy, M. R., Trisnowati, E., & Peserta didiknto, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berkonteks Socio-Scientifict Issues (SSI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 10(2).

Alpianti, N. T. P., & Amelia, R. N. A. (2024). Infusing Learners' Problem-Solving Skills Through Problem-Based Learning Model Assisted Socio-Scientific Issues (SSI) Worksheet on Environmental Pollution. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 83-99.

Arends, R. (2015). Learning to teach (Vol. 2). New York: McGraw-Hill.

Arthamena, V. D., Ayubi, M., Atun, S., & Putri, S. E. (2025). Effectiveness of a Problem-Based Learning Model Integrated with Socio-Scientific Issues to Improve Science Process Skills of High School Students. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 10(1), 203-219.

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan keterampilan metakognisi peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927.

Cangür, Ş., Sungur, M. A., & Ankaralı, H. (2018). The Methods Used in Nonparametric Covariance Analysis. Duzce Medical Journal, 20(3), 1–6.

Fathurrohman, F. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Keterampilan metakognitif Peserta didik. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 270-288.

Fita, M. N., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2021). The effectiveness of Problem Based Learning (PBL) based socioscientific issue (SSI) to improve critical thinking skills. Studies in Learning and Teaching, 2(3), 1-9.

Fitri, R. (2017). Metakognitif pada proses belajar anak dalam kajian neurosains. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 2(1), 56-64.

Handayani, I. W., Maulana, A., Syamsul, S., & Syahriani, S. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue Terhadap Berpikir Kritis dan Ekoliterasi Peserta Didik Kelas X. Jurnal Binomial, 7(2).

Hidayati, S. N., & Aulia, E. V. (2024). Penerapan Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII di Era Revolusi Industri 4.0. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(4), 1029-1039.

Imaduddin, M., & Khafidin, Z. (2018). Ayo belajar IPA dari Ulama: pembelajaran terintegrasi Socio-Scientific Issues di abad ke-21. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1(2), 102-120.

Kusnandar, A., Mirza, I., & Azpar, A. (2025). EKSPLORASI IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(02).

Miranti, I., & Refelita, F. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Materi Minyak Bumi Berbasis Sosio-Scientific Issue (ssi). Journal of Chemistry Education and Integration, 2(1), 58.

Nita, P. N. T., & Nada, E. I. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issue Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Materi Kimia Hijau. JRPK - Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 14(2), 136–143.

Pamungkas, Z. S., Prasetya, F. B., Aini, M., Amrullah, J. D. R., Sari, E. P. K., & Sumiati, I. D. (2025). Problem Based Learning Bermuatan SSI sebagai Pemberdayaan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA: Kerangka Konseptual. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 4(2), 1-15.

Pertiwi, A. D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Socio Scientific Issue Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Higher Order Thinking Skills dan Aktivitas Belajar Siswa SMP.

Putri, P. D., Tukiran, T., & Nasrudin, H. (2018). The effectiveness of problem-based Learning (PBL) models based on socio-scientific issues (SSI) to improve the ability of science literacy on climate change materials. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1519-1524.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Pengaruh pembelajaran socio-scientific problem-based learning terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMAN kota Malang (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.

Schraw, G., & Moshman, D. (1995). Metacognitive theories. Educational psychology review, 7, 351-371.

Utomo, A. P., Narulita, E., & Billah, R. N. I. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 4(2), 148-159.

Zeidler, D. L., & Nichols, B. H. (2009). Socioscientific issues: Theory and practice. Journal of elementary science education, 21(2), 49-58.

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Putri, P. F., Wicaksana, E. J., & Astriawati, F. (2025). Keterampilan Metakognitif pada Materi Sistem Pernapasan: Penerapan PBL-SSI. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 10(2), 132–142. Retrieved from https://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/3158