Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas VII

Authors

  • Febiya Anjani Putri Kusmana Universitas Insan Budi Utomo Malang
  • Primadya Anantyarta Universitas Insan Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.32528/bioma.v10i2.3300

Keywords:

E-Modul, Augmented Reality, Ekosistem

Abstract

Riset yang dilakukan memiliki objek untuk mengembangkan E-Modul berbasis Augmented Reality pada materi ekosistem untuk siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan mendesain E-Modul guna memperluas pemahaman kognitif dan meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran bagi guru dan peserta didik. E-Modul dirancang menggunakan canva dan Augmented Reality melalui platform Assamblr Edu. Uji validasi materi dan media dilakukan oleh dosen Pendidikan Biologi Universitas Insan Budi Utomo, sedangkan uji kepraktisan dilakukan oleh guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukan E-Modul memiliki tingkat kelayakan tinggi dengan skor 92% dari ahli materi dan 99% dari ahli media. Rata-Rata uji kepraktisan oleh guru dan siswa menunjukan persentase sebesar 91,5% dan 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah E-Modul berbasis Augmented Reality yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ekosistem.

References

Azmi, M., N., Mansur, H & Utama, A., H. (2024). Potensi Pemanfaatan Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1).

Disorders, A. S. (n.d.). (1) Language acquisition. (2) Self-esteem. (3) Autism Spectrum Disorders (ASD). 2.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91. https://doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Hurrahman, M., Erlina*, E., Melati, H. A., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi Dengan Bantuan Teknologi Augmented Reality untuk Pembelajaran Materi Bentuk Molekul. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 89–114. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.22579

Indonesia, K. P. (2020). Edcomtech. 61–66.

Kepraktisan, U., Kerja, L., Didik, P., & Berbasis, E. (2022). Bioedusiana. 7(1), 128–143.

Kusdiyanti, H., Zanky, M. N., & Wati, A. P. (2020). Blended Learning for Augmented Reality to Increase Student Competitiveness the Filling Subject Toward Making Indonesia 4 . 0. 2020, 88–100. https://doi.org/10.18502/kss.v4i7.6845

Nisrina, A., & Angga, H. (2024). Hipkin Journal of Educational Research. Hipkin Journal of Educational Research |, 1(1), 49–60.

Sari, S., Musril, H. A., Jasmienti, & Derta, S. (2024). Augmented Reality Based Science Learning Media Design Using Assemblr Edu Class VIII at SMPN 1 Sungai Pua. Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 18(1), 56–70. https://doi.org/10.35457/antivirus.v18i1.3512

Saumi, F., Muliani, F., & Amalia, R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Augmented Reality Dengan Model Guided Discovery Learning Pada Materi Vektor. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3850. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6066

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Sucitra, A., Latif, A., & Sayidiman. (2025). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 222–243.

Tawil, T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berorientasi Augmented Reality Pada Mata Pelajaran IPA Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(4), 4787–4802.

Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141

Wildan Ahmad Mi’razfauzi, Muhammad Salimi, & Seipah Kardipah. (2023). Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis WEB. Tanzhimuna, 3(1), 78–88. https://doi.org/10.54213/tanzhimuna.v3i1.259

Yuni, R., & Afriadi, R. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Kondisional Untuk Belajar Dari Rumah (Bdr). Jurnal Handayani, 11(2), 144. https://doi.org/10.24114/jh.v11i2.22101

Downloads

Published

2025-10-31

How to Cite

Febiya Anjani Putri Kusmana, & Anantyarta, P. (2025). Pengembangan E-Modul Ekosistem Berbasis Augmented Reality Pada Siswa Kelas VII . Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 10(2), 95–107. https://doi.org/10.32528/bioma.v10i2.3300