Penguatan Pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui POP BOOK Risalah Islam Berkemajuan di M.I Muhammadiyah 1 Balung Kulon
DOI:
https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i1.3143Keywords:
Pelajar Rahmatan Lil Alamin, POP BOOK Risalah Islam BerkemajuanAbstract
Upaya dalam penguatan moderasi agama yang dilakukan oleh Kementerian agama melalui proyek penguatan profil pelajar. Kalau di Kemendikbud terdapat profil pelajar Pancasila sebagai penguatan karakter. Maka kemenag meluncurkan proyek penguatan pelajar rahmatan lil ‘alamin (P2RA). P2RA yaitu profil pelajar dengan karakter berdasarkan butir Pancasila yang memiliki sikap ketaqwaan terhadap tuhan, akhlak yang baik, dan memiliki sikap moderat dalam menjalani agama yang diyakini. permasalahan mitra diantaranya pertama adalah dalam proyek profil pelajar rahmatan lil alamin yang berkenaan dengan Risalah islam berkemajuan belum memenuhi dari beberapa proyek yang sudah direncanakan. Risalah Islam berkemajuan penekanan ada lima karakteristik yang menjadi inti Islam berkemajuan, yaitu Berlandaskan tauhid, Kembali kepada Al-Qur’an dan sunah, Menghidupkan ijtihad dan tajdid, Mengembangkan wasatiah, dan Islam agama rahmatan lil-alamin. Maka program terkait penguatan kelima karakter yang ada pada Rislah islam berkemajuan harus lebih ditekankan. Maka sekolah selayaknya membuat modul proyek pelajar rahmatan lil alamin yang berkaitan dengan Risalah islam berkemajuan. Permasalahan yang kedua adanya ketidak pahaman terkait dengan risalah islam berkemajuan warga AUM MIS Muhammadiyah Balung maka perlu enterpretasi dalam buku panduan yang sudah disusun oleh tim. Pemahamn akan risalah islam berkemajuan yang perlu dipahamai dalam modul proyek pelajar rahmatan lil alamin perlu di tegaskan dalam buku pembelajran yang lebih mudah dipahami oleh peserta didik dan guru. Solusi pertama yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah program peningkatan pengetahuan siswa dan guru terkait dengan modul proyek pelajar rahmatan lil alamin. Materi yang diberikan berkaitan dengan pemahaman dan penyusunan modul proyek pelajar rahmatan lil alamin. hasil dari solusi pertama ini adalah meningkatnya pemahaman siswa dan guru terkait dengan pengetahuan dan Menyusun modul proyek pelajar rahmatan lil alamin, mampu Menyusun modul rahmatan lil alamain serta mengimplementasikan modul proyek pelajar rahmatan lil alamin di madrasah. Kedua adalah Memberikan pemahaman Risalah Islam Berkemajuan mengguankan media pembelajaran yang lebih interaktif seperti POP BOOK RIB. Buku pop-up memberikan visualisasi cerita yang lebih menarik.