Workshop Pengintegrasian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pembelajaran bagi Guru MIM 03 Dukuh Wuluhan

Authors

  • Bahar Agus Setiawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tri Endang Jatmikowati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i1.3361

Keywords:

lokakarya, guru, PTK, pembelajaran

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam proses pendidikan merupakan aspek pertama dan utama yang harus dapat dilaksanakan secara tepat dan menyeluruh. Pembelajaran merupakan miniatur interaksi antara guru dan siswa serta berbagai perangkat komponen yang mendukung pelaksanaannya seperti metode, model, strategi, sarana prasarana dan perangkat lainnya. Pengintegrasian pembelajaran dengan penelitian tindakan kelas (PTK) selain bermanfaat untuk menghasilkan karya tulis ilmiah, di sisi lain juga dapat digunakan dalam menyusun modul atau perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan implementasi modul atau perencanaan pelaksanaan pembelajaran akan dianalisis secara ilmiah dengan menggunakan metodologi penelitian yang tepat, sehingga guru dapat secara mandiri mengevaluasi modul atau perencanaan pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun dan dilaksanakan. Kegiatan ini diikuti oleh sembilan orang guru MIM 03 Dukuh Wuluhan. Sebagai hasil dari pelaksanaan kegiatan, guru MIM 03 Wuluhan telah memahami tentang pengintegrasian PTK dalam pembelajaran. Guru mengetahui metode dan tahapan pengintegrasian PTK dalam pembelajaran, serta manfaat yang diperoleh dari proses kegiatan ini.

Downloads

Published

2025-03-25