Workshop Inklusi untuk Guru PAUD Se-Kabupaten Lamongan guna Mewujudkan Pendidikan Inklusif yang Berkemajuan di Sekolah Muhammadiyah

Authors

  • Naajihah Mafruudloh Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Teguh Hadi Wibowo Universitas Muhammadiyah Lamongan https://orcid.org/0000-0002-4088-2189
  • Fais Wahidatul Arifatin Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Fahril Umaroh Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i1.3505

Keywords:

inclusion, workshop, early childhood teacher

Abstract

, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan SDM dan wawasan guru PAUD pada sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Lmaongan. Workshop inklusi merupakan kegiatan yang dihadiri oleh 178 guru dan pengelola PAUD. Kegiatan ini terdiri dari dua sesi, yakni pada sesi pertama merupakan paparan mengenai hakikat dan kebijakan tata pelaksanaan pendidikan inklusi pada jenjang PAUD di Kabupaten Lamongan oleh Kepala Bidang TK/SD Dinas pendidikan Lmaongan. Pada sesi kedua merupakan paparan dari majelis PAUDDASMEN PWA Jawa Timur terkait dengan menangani ABK, media pembelajaran, treatment, dan evaluasi penilaian pada pembelajaran inklusi. Hasil kegiatan menunjukan bahwa ABK memiliki hak yang sama dengan anak lainnya, yakni pendidikan yang setara dan merata. Pada sekolah inklusi guru wajib memiliki kesadaran terhadap perilaku anak dan bagaiman penanganan yang tepat untuk ABK. Selain itu, orang tua memilki peran utama ketika anak berada dirumah. Orang tua harus terlibat secara langsung, sering melakukan koordinasi dengan guru, dan meminta laporan harian terkait perkembangan anak disekolah.

Downloads

Published

2025-03-25