Implementasi Artificial Intelligence (Open AI) Untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Konten Media Pondok Pesantren Langitan
DOI:
https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i2.3928Keywords:
Pesantren, Media Digital, Pelatihan TeknologiAbstract
Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kapasitas produksi dan kualitas konten dakwah digital di Pondok Pesantren Langitan. Tim media pesantren menghadapi kendala dalam hal keterampilan literasi digital, terbatasnya kreativitas dalam pembuatan konten, serta minimnya pemanfaatan teknologi informasi, khususnya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas konten dakwah digital melalui pelatihan pemanfaatan teknologi AI, seperti ChatGPT untuk penyusunan naskah dakwah yang komunikatif, dan DALL·E untuk mendesain konten visual berbasis nilai-nilai pesantren. Kegiatan dilakukan melalui metode pelatihan, pendampingan langsung, simulasi, serta pendekatan difusi dan substitusi ipteks, yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman dan kebutuhan peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan peserta dalam menyusun konten dakwah tematik yang kontekstual, membuat desain poster kegiatan keagamaan, serta merancang narasi interaktif yang menarik untuk platform media sosial. Frekuensi unggahan konten meningkat menjadi 3–4 kali per minggu, dengan kualitas yang lebih baik dan audiens yang lebih luas. Selain aspek teknis, terjadi transformasi sikap peserta menjadi lebih adaptif, kreatif, dan terbuka terhadap pemanfaatan teknologi baru. Terbentuknya standar operasional prosedur (SOP) internal dan inisiatif produksi konten secara mandiri menjadi indikator keberhasilan program ini. Dengan pendekatan partisipatif, program ini mampu menjawab kebutuhan mitra dan membuka peluang pengembangan dakwah pesantren yang relevan dengan era digital secara berkelanjutan.
References
Haris, M. A. (2023). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Pesantren di Era Society 5.0 (Peluang dan Tantangannya di Pondok Pesantren Al-Amin Indramayu). Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 49-64
Lutfiani, N. (2024). Manajemen Pendidikan Tekno-Dai Berbasis Al-Qur’an Dan Implementasinya Di Yayasan Huffadz Gemma Kota Bogor
Furqan, M. (2019). Surau dan pesantren sebagai lembaga pengembang masyarakat Islam di Indonesia (kajian perspektif historis). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 5(1), 1
Sari, V. N., & Anggraini, D. (2020). Sumber Daya Manusia di Era Tourism 4.0
Setiawan, N. (2022). Urgensi Dan Strategi Dakwah Santri di Era Digitalisasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 7(2), 223-232
Sofy, M. (2025). KULTUR PESANTREN; Santri, Etos Studi dan Perilaku Keagamaan. CV. Intake Pustaka
Sya’bani, M. Y. (2023). Strategi Guru PAI Kelas XI SMK Pondok Pesantren Syubbanul Wathon Tegalrejo Magelang dalam menghadapi Tantangan Era Society 5.0 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia)
Wahyudi, D., & Khotijah, K. (2021). Islamic Education 4.0 Sebuah Revolusi Pendidikan Islam Zakiyyah, I. (2025). Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran pendidikan agama islam perspektif total quality management (studi kasus islamic development network dan bina qur’an


