Workshop Desain Kreatif: Pengenalan dan Pelatihan Aplikasi Desain Praktis Canva di Pondok Pesantren Nurul Huda Puger
DOI:
https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i2.4168Keywords:
Canva, pelatihan partisipatif, desain grafis, pengabdian masyarakatAbstract
Pesatnya perkembangan teknologi digital telah menciptakan kesenjangan keterampilan digital, terutama di komunitas pendidikan berbasis pesantren di wilayah pedesaan. Untuk menjawab tantangan tersebut, tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi Pesantren (KKN-T IP) UPN "Veteran" Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa workshop desain grafis menggunakan aplikasi Canva di Pondok Pesantren Nurul Huda Al Azizah, Puger. Kegiatan ini menerapkan metode pelatihan partisipatif dengan pendekatan praktik langsung melalui kompetisi desain poster. Sebanyak 15 peserta mengikuti workshop, yang terdiri dari sesi materi, ice breaking, praktik desain, serta evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan peserta sangat tinggi dengan skor rata-rata 9,47 dari skala 10, serta respons kualitatif positif terhadap kemudahan penggunaan Canva dan metode pelatihan yang interaktif. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan desain dasar dan literasi digital peserta. Ke depan, pelatihan lanjutan dengan materi yang lebih kompleks serta integrasi ke dalam program pesantren dapat menjadi langkah strategis untuk pengembangan berkelanjutan keterampilan digital santri.
References
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Abdul Kadir, N., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahyudi, J., & Wahid, M. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Ed.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Kala’lembang, A., Widayanti, L., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 91–102. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jpm/article/view/813/219
Musa, S., Nurhayati, S., & Zubaedah, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Pemasaran Produk Warga Belajar Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Melalui Pelatihan Marketplace Dan Canva. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4533. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i6.10912
Nur Isnaini, K., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. 5(1).
Putri, N. U., Adrian, Q. J., Jayadi, A., Sembiring, J. P., & Sudana, W. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Masyarakat Dan Staf Pemerintahan Desa Sidosari Lampung Selatan. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 3(1), 63–69. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoabdimas
Rahmawati, L., Ambulani, N., Desty Febrian, W., Widyatiningtyas, R., & Sukma Rita, R. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Communnity Development Journal, 5(1), 129–136.
Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. www.canva.com.
Siwi Satiti, W., Umardiyah, F., Hidayatulloh, F., Fikri Munfarida, N., Fatmawati, M., Hanafi, A., Matematika, P., & A Wahab Hasbullah, U. K. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Remaja di Desa Kalikejambon (Vol. 3, Nomor 3).
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster (Vol. 2, Nomor 1).
Yuli Endra, R., Purisky Redaputri, A., Dunan, H., Bintang Syahputra, M., & Handayani, A. (2024). Pelatihan Design Dengan Canva Untuk Umkm Sebagai Sarana Promosi Produk Di Desa Ganjar Asri Metro. Dalam Jurnal Pengabdian UMKM (Vol. 3). https://jpu.ubl.ac.id/index.php/jpu


