Edukasi Halal Lifestyle melalui Pemahaman Product Knowledge bagi Siswa SMPM 11 Tamansari Wuluhan

Authors

  • Siti Khayisatuzahro Nur Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muhammad Syafi'i Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dimas Herliandis Shodiqin Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/mujtama.v5i2.4243

Keywords:

Edukasi, Halal Life Style, Pemahaman Produk Halal

Abstract

Perkembangan industry halal di Indonesia meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Sebagaimana implementasi Undang-Undang Jaminan Produk Halal tahun 2014 menegaskan bahwa kewajiban sertifikasi halal menjadi mutlak bagi pelaku usaha maupun UMKM. Dalam hal ini, laju pertumbuhan produk halal seyogyanya diiringi dengan literasi dan inklusi konsumen muslim dalam memilih produk halal. Perlu menjadi pertimbangan, bahwa konsumen harus memperhatikan produk tidak hanya berpatokan dengan cita rasa maupun harga saja, namun lebih difokuskan produk yang telah dijaminkan sertifikasi halalnya. dalam kegiatan pengabdian ini, tim memberikan edukasi pemahaman produk besertifikat halal bagi siswa SMPM 11 Tamansari Wuluhan Jember yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran halal bagi siswa dan berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi produk yang diragukan kehalalannya. Dengan adanya kegiatan ini, siswa diharapkan mampu meniadi konsumen muslim yang lebih selektif dalam mengkonsumsi produk dan secara tidak langsung mampu mengkampanyekan pemahaman produk halal di tengah masyarakat.

Author Biography

Muhammad Syafi'i, Universitas Muhammadiyah Jember

progam studi ekonomi syariah 

References

Ariska, N., Setiawan, R. A., Setiawan, A., & Zaki, K. (2024). Implementasi proses sertifikasi halal self declare dalam mendukung pertumbuhan UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(4), 807–815. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i4.21335

Kusuma Anggaeni, T. T., Indraswari, N., & Sujatmiko, B. (2022). Sosialisasi Pangan ASUH (AMAN, SEHAT, UTUH, DAN HALAL) dan Jajanan Sehat Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat atas Kualitas Hidup Sehat. Media Kontak Tani Ternak, 4(1), 27. https://doi.org/10.24198/mktt.v4i1.38627

Lubis, D., & Cahyadin, I. M. (n.d.). Preferensi Guru Dalam Memilih Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Depok. E-Journal.Metrouniv.Ac.Id, 09. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/adzkiya/article/view/2332

Nusran, M., Haming, P., Prihatin, E., Hasrin, S. M., & Abdullah, N. (2021). Edukasi Gaya Hidup Halal Di Kalangan Komunitas Generasi Milenial. International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.30653/ijma.202112.20

Permanasari, E.-D., 1*, & Fitria Nugrahaeni. (2021). Abdimasmu. Pembangunan Perilaku Sadar Halal Generasi Muda Melalui Edukasi Dan Sosialisasi Halal Tingkat SMA Kota Jakarta Timur, 2(1), 87–97.

Priyatno, P. D., Darmastuti, D., & Maulana, A. (2023). Gerakan Gaya Hidup Halal di SMKN 3 Depok: Food, Fashion & Transaction. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 139–148. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i2.10089

Siregar, R. (n.d.). Pengaruh Halal Product Knowledge Terhadap Halal Product Intention Dengan Halal Product Awareness.

Syahidin, M. Nasor, & Agus Hermanto. (2024). Pertumbuhan Industri Halal Berbasis Usaha Mikro Kecil (UMK). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 7(1), 144–152. https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(1).15736

Downloads

Published

2025-09-25