Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMA Negeri 1 Torue

Authors

  • Ika Listiqowati Universitas Tadulako
  • Zumrotin Nisa’ Universitas Tadulako
  • Khairurraziq Khairurraziq Universitas Tadulako
  • Astri Astri SMA Negeri 1 Torue
  • I Made Hermawan Hermawan SMA Negeri 1 Torue

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Artificial Intelligence

Abstract

Guru abad 21 dituntut untuk inovatif, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan dapat membangun keterampilan pembelajaran abad 21 pada siswa. Memenuhi hal tersebut maka pelatihan pembuatan media pembelajaran diharapkan menjadi solusi alternatif bagi guru untuk lebih kratif dalam membuat media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kurangnya pahaman guru terkait pengembangan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kesadaran spasial, menarik, interaktif, dan menyenangkan menunjukkan kompetensi pedagogik guru masih rendah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berdasarkan kecerdasan buatan yang interaktif dan menarik serta mudah dalam perancangannya. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan memberikan materi dan demonstrasi, kemudian dilakukan pendampingan dan evaluasi kegiatan pengabdian. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan AI yaitu skor N-Gain 0,4 pada kategori sedang dengan hasil pre tes 42% dan pos tes 58% dan hasil evaluasi pelatihan menunjukkan antusias guru dalam mengikuti pengabdian sangat tinggi yaitu 95%.

References

Een Nurhasanah, Uah Maspuroh, A. R. (2021). PELATIHAN PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS APLIKASI ANIMAKER BAGI GURU MTS. IKHWANUL MUSLIMIN DAN MTS. NAHDLATUL ULAMA GARUNGGUNG KABUPATEN KARAWANG. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1).

Hakeu, Febrianto, Pakaya, I. I., Djahuno, Ridwanto, Zakarina, Uznul, Tangkudung, Mutmain, & Ichsan. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Hanifah, U., Niar, S. &, Universitas, A., & Dahlan Yogyakarta, A. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. In Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan (Vol. 3, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Mas, S. R. (2017). Profesionalitas Guru Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2), 1–10.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262.

Trisna, P., Permana, H., Luh, N., Ning, P., Astawa, S. P., & Kunci, K. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692.

Downloads

Published

2025-06-25