Pemahaman Dan Pencegahan Penyakit Infeksius Bagi Guru Sd Muhammadiyah Kaliwates Melalui Phast-Phbs Berbantuan Picture And Picture

Authors

  • Kukuh Munandar Universitas Muhammadiyah Jember
  • Auliya Nanda Prafitasari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ika Priantari Universitas Muhammadiyah Jember
  • Novy Eurika Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Optimalisasi, Siaga Bencana, Germapena

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Muhammadiyah Kaliwates Jember dalam pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa belum ideal. PHBS merupakan seperangkat pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga kesehatan, terutama di masa pandemi dan endemi. Untuk menanamkan pentingnya PHBS, perlu pemahaman dan pembiasaan sejak dini. Untuk itu, kegiatan ini didesain untuk memberikan keterampilan pada guru SD Muhammadiyah Kaliwates untuk membiasakan PHBS pada siswa. Dengan keterampilan tersebut, PHBS di sekolah akan berjalan dengan ideal. Kegiatan ini, PHBS dikenalkan melalui PHAST (Partisipatory Hygiene and Sanitation Transformation) berbantuan Picture and Picture. Model picture and picture merupakan model belajar sambil bermain melalui gambar. Hal ini sesuai dengan karakteristik pembelajaran pada anak usia dini, bahwa gambar menjadi salah satu media utama untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan.

Metode pelaksanaan PkM dirancang dengan tahapan: 1) Tahapan observasi ke lembaga SD Muhammadiyah Kaliwates sebagai mitra kegiatan. Permasalahan yang ada diidentifikasi dan dicarikan solusi pemecahannya, serta mendiskusikan dengan pihak lembaga SD, dan 2) Pelaksanaan, yang meliputi: a) penyusunan tools kit PHBS dengan metode PHAS, dan b) pelaksanaan kegiatan, dengan tahapan: i) Guru SD mitra kegiatan beserta mahasiswa mengikuti pelatihan dan workshop melakukan pre-tes, ii) Tim pelaksana mendemonstrasikan metode PHAST berbantuan picture and picture, iii) peserta mengunakan picture and picture dengan tools kit PHBS sesuai ide dan inovasi pikirannya, iv) mendiskusikan permasalahan dan hasilnya dengan sesama peserta dan tim dosen, v) diakhiri dengan post-tes.  Hasil kegiatan, secara umum pelaksanaan sangat memuaskan dan pemahaman akan pencegahan penyakit infeksius yaitu meningkat signifikan.

References

Hartini & Munandar, K (2016). Sikap Dan Perilaku Keluarga Tentang Manfaat Jamban Dengan Kejadian Diare Di Bondowoso. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 1(1): 1-13

Keputusan Kepala BSKP No 033 tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka.

Munandar, K (2006). Sekolah Sehat Sebagai Agent Perubah Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Kebumen: Pamsimas Kabupaten Kebumen.

Munandar, K., Amilia, F.; Priantari, I.; Rachman, AU.; Vince, VL.; Rachmawati, E.; & Widiastuti, R. (2023). Penggunaan Picture and Picture untuk Pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(3), 643-650 ISSN 2087-3565 (Print) dan ISSN 2528-5041 (Online) Available Online at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i3.13711

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Nasution, I., Monalisa, F. N., Fadla, S. L., Wildyani, E. P., Aulia, P. F., & Wijaya, A. R. H. (2023). Kompetensi Evaluator Dalam Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(02), 193–202. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.437

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Permendikbud No. 146/2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Pradina, Y.A., and W. D. Hastuti (2017). The Effect of Picture and Picture Learning Model towards Science Outcomes for Students with Hearing Impairment in the Class VII. Journal of ICSAR, 1(2): 145-149

WHO (1998). PHAST step-by-step guide : a participatory approach for the control of diarrhoeal disease. Geneva: World Health Organization

Downloads

Published

2025-06-25