enanaman Literasi Ekonomi Syariah Pada Siswa Mim 03 Dukuhdempok Wuluhan Melalui Permainan Sea Journey
Keywords:
petani milenial, teknologi irigasi sederhana, irigas tetes, pupuk organik, konservasi air, Permainan Edukatif, SEA Journey, Literasi, Ekonomi SyariahAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini mengusung tema “Penanaman Literasi Ekonomi Syariah Pada Siswa MIM 03 Dukuhdempok Wuluhan Melalui Permainan SEA Journey”. Tujuannya adalah menanamkan pemahaman dasar ekonomi Syariah sejak usia sekolah, sebagai respon terhadap rendahnya indeks literasi dan inklusi keuangan Syariah di Indonesia tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan siswa kelas 5 dan 6, menggunakan metode permainan edukatif bernama Shariah Economic Adventure Journey (SEA Journey) yang menyerupai permainan ular tangga. Materi yang disampaikan meliputi zakat, infaq, shadaqah, halal-haram, serta prinsip jual beli Syariah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa yang ditandai dengan antusiasme tinggi selama sesi tanya jawab. Disarankan agar pihak sekolah menindaklanjuti dengan program berkelanjutan, seperti market day berbasis ekonomi Syariah, guna memperkuat pemahaman dan pembiasaan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
References
Abdul Khobir. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif [Efforts to Educate Children Through Educational Games]. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/262
Bu’ulolo, Y. (2021). Membangun Budaya Literasi Sekolah. Jurnal Bahasa Indonesia (BIP).
Elfemi Nilda, Yolanda, B., Marfita, H., & Amanda, S. (2021). Pelatihan Asessment/Evaluasi Pembelajaran Sebagai Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sman 1 Canduang Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. J-Abdi (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(1), 1373–1380. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Febriliana, I., Riza, D., & Azizah, H. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan Gemar Menabung. Prosiding Seminar Hi-Tech, 1(1), 118–131.
Gunarsa, S. ., & Gunarsa, Y. . (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Gunung Mulia.
Iva Riva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. FlashBooks.
Keuangan, O. J. (2024). Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah (SNLIK).
Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 133–140. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654
Saputra, A. (2019). Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 102–113. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.283
Senjiati, I. H., Anshori, A. R., Maulida, I. S. R., & Wahyudin, Y. (2018). LITERASI KEUANGAN SYARIAH BAGI ANAK SCHOOL AGE (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 2 SD Darul Hikam Bandung). Amwaluna: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(2), 33–55. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v2i2.3757
Setyowati, A., & Lailatullailia, D. (2020). Literasi Keuangan Syariah melalui Media Edukatif untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Surabaya. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.30651/hm.v1i1.4542
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhofir Catur Bashori, Hasna’ Huwaida, Ismah Salsabil Bahiro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.