Pengaruh Edukasi Kesehatan Dengan Video Terhadap Ketepatan Cuci Tangan Pada Anak Usia Sekolah

Authors

  • Nafilatulbalqis Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Cuci Tangan, Anak Usia Sekolah, Audio Visual, health, Edukasi Kesehatan

Abstract

Data profil kesehatan Indonesia tahun 2016 menunjukkan sekitar 83% anak usia sekolah belum mampu melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan benar. Edukasi dengan video diduga dapat meningkatkan keterampilan cuci tangan. Tujuan penelitaian ini adalah menganilisis pengaruh edukasi kesehatan dengan video terhadap ketepatan 6 langkah cuci tangan pada anak usia sekolah. Desain penelitian menggunakan quasy eksperimen. Populasinya 146 anak usia sekolah. Pemilihan sampel dengan simple random sampling, besar sampel 106 (53 kelompok perlakuan dan 53 kelompok kontrol). Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan analisis data menggunakan t-test. Hasil penelitian didapatkan p-value sebesar 0.001 [CI 95% 1.62 s/d 6] yang berarti terdapat pengaruh edukasi kesehatan dengan video terhadap ketepatan 6 langkah cuci pada anak usia sekolah. Video mampu menampilkan gambar bergerak dan suara sehingga anak dapat menyerap informasi dengan menggunakan lebih dari satu indera. Edukasi kesehatan dengan video dapat dijadikan alternative untuk meningkatkan ketepatan perilaku cuci tangan anak usia sekolah.

References

Aswadi, Syahrir, S., Delastara, V., & Surahmawati. (2017). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Siswa Siswi SDK Rita Pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Al-Sihah : Public Health Science Journal, 9(2), 187–196.

Avissa, F., Nursalam, N., & Ulfiana, E. (2019). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Dan Metode Ceramah Dengan Media Booklet Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Tindakan Mencuci Tangan Pada Anak Prasekolah. Fundamental and Management Nursing Journal, 1(1), 59. https://doi.org/10.20473/fmnj.v1i1.12132

Hayat, F. (2021). the Effect of Education Using Video Animation on Elementary School in Hand Washing Skill. Acitya: Journal of Teaching and Education, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.30650/ajte.v3i1.2135

Heru, I., Suhadi, & Maryati. (2014). Pengaruh Modeling Media Video Cuci Tangan Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pada Siswa Kelas 4 di SD Wonosari 02 Mangkang Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Ilmu Kebidanan (JKK), 1–8.

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Kementrian Kesehatan Repoblik Indonesia (Vol. 42, Issue 4).

Marantika, A., & Dwihestie, L. K. (2020). The Effect of Health Counseling on Handwashing Technique in Primary Schools. Indonesian Journal of Global Health Research, 2(3), 217–224. https://doi.org/10.37287/ijghr.v2i3.172

Mulyadi, M. I., Warjiman., & Chrisnawati. (2018). Efektivitas pendidikan kesehatan dengan media video terhadap tingkat pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat. Jurnal Keperawatan STIKES Suaka Insan, 3(2), 1–9.

Nasiatin, T., Pertiwi, W. E., Setyowati, D. L., & Palutturi, S. (2021). The roles of health-promoting media in the clean and healthy living behavior of elementary school students. Gaceta Sanitaria, 35. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2020.12.015

Nikson, S., & Luci, F. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Sd Negeri 157 Kota Palembang Tahun 2014. Jurnal Kesehatan Poltekkes, 2(14), 1–6.

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1). https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar 2018. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Saputri, A. A., & Suryati, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Audio-Visual Terhadap Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Pada Anak Kelas Iv Di Mi Jamilurrahman Bantul. Medika Respati : Jurnal Ilmiah Kesehatan, 14(3), 245. https://doi.org/10.35842/mr.v14i3.231

Sasmitha, N. R., Hasnah, & Sutria, E. (2020). Health Education About Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) To Increased Knowledge of School Age Children: Systematic Review. Journal Of Nursing Practice, 3(2). https://doi.org/10.30994/jnp.v3i2.96

Sekarwati, N. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Anak Sekolah Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Kalasan 1, Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 2(April), 11–16.

Downloads

Published

2025-07-17